home ×
Digilife

Hati-hati! Hacker Manfaatkan Virus Corona untuk Sebar Malware

03 February 2020 By
Hati-hati! Hacker Manfaatkan Virus Corona untuk Sebar Malware
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idPerusahaan riset keamanan siber menemukan langkah licik hacker yang menggunakan ketakutan orang-orang terhadap virus corona untuk menjebak korbannya. Para hacker itu menyebarkan email yang menjual nama virus corona.

Menurut ahli keamanan dari IBM X-Force Threat Intelligence, hackers telah menyebarkan email spam kepada para korban potensial yang ada di Jepang. Email tersebut mengklaim bahwa virus corona telah menjangkiti negara tersebut. Email itu juga mendesak calon korbannya untuk membuka attachment berupa dokumen Microsoft Word, dengan iming-iming informasi berguna untuk menghindari virus tersebut.

Jika didownload, dokumen itu akan mengeluarkan serangkaian perintah yang secara diam-diam akan mengunduh malware Emotet ke komputer korban. Setelah terinstal, malware itu akan memberikan akses ke hacker untuk mencuri informasi sensitif, berujung ke ransomware.

Baca juga: Penjualan Tablet Terus Turun, Apple iPad Tetap Memimpin

“Pendekatan melalui Emotet ini bisa jadi jauh lebih sukses karena memakai nama virus corona, ditambah dengan ketakutan masyarakat akan infeksi virus tersebut,” ujar IBM dalam laporannya.

Laporan IBM bahkan menambahkan jika ada kemungkinan email berisi Emotet itu akan disebarluaskan dengan menggunakan bahasa lain selain Inggris.

Ditambahkan Bleeping Computer, peretas telah lama menggunakan email Emotet ini  untuk mengelabui korbannya. Sebelumnya mereka mendompleng nama acara penting atau ajakan liburan untuk menyebarkan malware tersebut, termasuk undangan untuk menghadiri demonstrasi climat change yang akan menampilkan Greta Thunberg. Ada juga undangan mengatasnamakan pesta Halloween atau natal.

Selain malware Emotet, Kaspersky Lab juga pernah menemukan adanya file berbahaya yang menyamar sebagai dokumen berisi informasi penting terkait virus corona. File-file itu dibungkus dengan format Word, PDF, dan file MP4.

Biasanya judul atau tema file berbahaya tersebut bertema instruksi tentang perlindungan dan deteksi adanya virus corona di sekitar kita.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

6 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 09 February 2020 | 13:17:19

ini wajib di ketahui oleh semua orang yang ada di internet

evan cepong 05 February 2020 | 12:42:39

ini hoax jangan mudah percaya

Yumna Prakoso 03 February 2020 | 12:13:37

harus selalu hati hati yaa lur jangan sampai kena malware

Miskin aman 03 February 2020 | 11:43:11

pastinya akan sangat berbahaya sekali bagi kita semua musti hati hati yah

Dinar Kusdiana 03 February 2020 | 10:53:55

wah sangat berbahaya kalo begitu, hacker memanfaatkan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article