home ×
Digilife

Heboh Bahas WhatsApp GB Sampai Jadi Trending, Apa Bahayanya?

02 February 2021 By
Heboh Bahas WhatsApp GB Sampai Jadi Trending, Apa Bahayanya?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id – Belum selesai perkara keamanan data yang belakangan menimpa WhatsApp, kali ini pengguna kembali dibuat berseteru dengan keberadaan WhatsApp GB.

Sekedar informasi, WA GB sejatinya adalah aplikasi modifikasi dari WhatsApp yang dilakukan oleh pihak tertentu dengan mengubah beberapa fitur yang gak dimiliki aplikasi WhatsApp asli.

WhatsApp GB sendiri merupakan modifikasi turunan dari WhatsApp plus yang udah diblokir pihak WhatsApp di tahun 2019.

Kalau kalian cari di store aplikasi layaknya App Store atau PlayStore, tentu aplikasi modifikasi tersebut gak akan muncul karena bersifat tidak resmi dan hanya bisa diunduh lewat aplikasi pihak ketiga yang biasanya berasal dari situs web.

Baca juga: Status Resmi Whatsapp Bisa Curi Rekening Bank?

Karena cara pengunduhan tersebut, tak heran kalau aplikasi WA GB dan aplikasi WhatsApp lain yang dimodifikasi lebih rentan terkena malware yang bakal berlanjut ke pelanggaran privasi atau data pengguna.

Sayangnya, berbagai kelebihan fitur aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi ini nampaknya berhasil mengiming-imingi sejumlah pengguna sehingga lupa akan bahaya yang mengancam.

Terbukti, lewat sebuah postingan salah satu akun base di media sosial Twitter, salah seorang pengirim anon membagikan ceritanya yang mengomentari konten tentang WA GB di TikTok, dirinya memperingatkan pembuat konten dan pengguna lain akan bahaya yang mengintai di balik aplikasi WhatsApp modifikasi tersebut, tragis bukan balasan positif yang dia dapat melainkan hujatan dari para pengguna aplikasi WA GB tersebut.

Dari tangkapan layar yang dibagikan, terlihat beberapa pengguna membela diri dengan menyebut berbagai kelebihan WA GB yang tidak dimiliki aplikasi WhatsApp biasa, seperti bisa menyembunyikan status online dan fitur hd graphic untuk mengunggah video dan foto.

Tapi di sisi lain, rupanya ada juga pengguna yang mengeluhkan privasi story whatsapp yang tetap bisa diunduh oleh orang lain walau sudah lewat dari 24 jam. Selain itu, banyak juga pengguna WhatsApp asli yang merespon cuitan tersebut dengan komentar dan kritikan pedas.

Akibat dari perdebatan ini, kata “WA GB” saat ini berada di jajaran trending topik di Indonesia dengan lebih dari 8 ribu cuitan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article