icon-category Gadget

Heboh Wallpaper yang Merusak Ponsel Samsung

  • 01 Jun 2020 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

    Uzone.id - Bila kalian mendapatkan sebuah foto indah di media sosial, jangan langsung menjadikannya sebagai wallpaper. Foto tersebut bisa saja merupakan malware seperti yang ditemukan pembocor teknologi ternama Ice Universe.

    Ya! Ada sebuah malware di balik sebuah foto pemandangan indah. Bila dijadikan wallpaper, foto tersebut disebut-sebut dapat merusak ponsel Samsung. Kabar tersebut kali pertama muncul dari cuitan Ice Universe.

    Baca juga: Dibanderol Rp2 Jutaan, Samsung Galaxy A11 Punya 3 Kamera

    Melalui Twitter, Ice Universe memberikan peringat untuk tidak memasang wallpaper dengan pemandangan danau dan perbukitan di belakangnya yang tampak indah.

    “PERINGATAN!!! Jangan pernah menggunakan gambar ini sebagai wallpaper, terutama untuk pengguna ponsel Samsung! Ini akan menyebabkan ponsel kalian crash! Jangan mencobanya! Jika seseorang mengirimi kalian gambar ini, abaikan saja,” tulis Ice Universe via Twitter.

    Ice Universe sempat mengunggah foto tersebut ke jejaring sosial China, Weibo, warnanya berubah. Menurutnya, hal itu menandakan bahwa foto tersebut tidak berbahaya. Namun, ketika diunggah ke Twitter, Ice Universe menyatakan bahwa foto itu masih tidak berubah warna dan masih berbahaya.

    Baca juga: Samsung Galaxy Fold 2 Masuk Tahap Produksi, Dilepas ke Pasar Agustus 2020

    Ice Universe curiga hal tersebut mungkin berhubungan dengan color gamut. “Dengan kata lain, Weibo melakukan beberapa pemrosesan pada gambar dan menangani hal-hal berbahaya. Tetapi mekanisme Twitter untuk memproses gambar berbeda dari Weibo,” tulisnya.

    Ice Universe Kembali memberikan peringatan bahwa itu bukan lelucon. Ia pun berharap para pengembang mempelajari hal tersebut.

    “Ini bukan lelucon, tolong jangan coba-coba, saya harap seseorang dapat memahami mekanisme crash-nya untuk menghindari kerusakan wallpaper pada telepon. Silakan pengembang untuk mempelajarinya,” tulis dalam sebuah utas mengenai malware berupa wallpaper yang menyerang ponsel Samsung. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini