icon-category Startup

Hingga SSI Batch 7, Kominfo Salurkan Rp1,2 Triliun untuk 115 Startup

Uzone.id - Program Startup Studio Indonesia (SSI) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mencapai batch 7. Dari batch pertama hingga kini, total ada 115 alumni startup berprestasi jebolan program akselerator startup digital Kominfo ini, dimana total pendanaan yang disalurkan mencapai Rp1,2 triliun.

Startup Studio Indonesia merupakan program untuk mendampingi dan membina para startup tahap awal (early-stage) selama 15 minggu agar bisa menemukan product-market fit (PMF).

Sebagai penutup dari SSI batch 7, Kominfo menggelar Milestone Day yang membuka kesempatan bagi para startup untuk mempresentasikan perkembangan masing-masing di depan para pemangku kepentingan, mulai dari investor hingga lembaga pemerintahan. 

Pada Milestone Day batch ke-7, Kominfo menggelar sesi bertajuk ‘Empowering Tomorrow: Charting New Landscape in Business and Society’, yang terdiri dari rangkaian talkshow yang mengundang para narasumber inspiratif dari berbagai industri, seperti teknologi, kesehatan, energi, hingga fintech. 

Beberapa narasumber yang hadir memberikan pemaparan seperti, VP Inovasi Teknologi dan Inkubasi Bisnis Korporat PT. PLN, Tri Hardimasyar; Head of International Business Bank DKI, Risman Firmansyah; CEO Rekosistem, Ernest Layman; dan CEO Eratani, Andrew Soeherman.

Adapun startup yang resmi menjadi alumni SSI batch 7 sebagai berikut:

  1. AyoKenalin (jaringan agen online untuk pemasaran digital)
  2. Banoo (solusi IoT untuk perikanan)
  3. CareNow (pembiayaan kebutuhan medis)
  4. FarmaCare (platform rantai pasok farmasi) 
  5. Gapai.id (platform lowongan kerja untuk migran)
  6. HealthPro (penyedia tenaga kesehatan on-demand)
  7. HIGO (penyedia WiFi dan agensi periklanan digital)
  8. Invelli (fintech digitalisasi layanan keuangan mikro)
  9. Krealogi (aplikasi dasbor digital untuk UMKM)
  10. Kukerja (platform penghubung bisnis dan tenaga kerja)
  11. Lokatani (IoT untuk pengelolaan kebun)
  12. Contexa (platform AI penyedia copy tulisan untuk brand)
  13. Raggam (marketplace penyewaan barang)
  14. Ravelware (IoT otomatisasi untuk pabrik/gudang)
  15. Rey.id (aplikasi berbasis keanggotaan untuk asuransi jiwa dan kesehatan)
  16. Secha (solusi renovasi rumah)
  17. Setoko (platform pembuatan toko online)
  18. Woowa (CRM untuk mengelola Whatsapp).

Kominfo kenalkan SSI X

Pada momen Milestone Day di SSI batch 7, Kominfo memperkenalkan program baru bernama SSI X. Program ini menjadi wadah bagi kolaborator yang mencakup institusi pemerintah dan perusahaan swasta untuk ikut serta dalam pengembangan founder dan startup digital. 

“Mengusung semangat pengembangan ekosistem startup digital yang praktis dan kolaboratif, kami mengundang institusi pemerintah dan swasta untuk turut berpartisipasi dengan menyediakan akses case study dan akses ke pasar melalui eksperimen sandbox,” ungkap Slamet Santoso, Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, dalam keterangan pers.

“Harapannya, eksperimen terbatas ini dapat membantu startup dalam memvalidasi produknya di target pasar,” pungkas Slamet.

SSI X merupakan bagian dari upaya Kominfo membantu startup tahap awal dalam menavigasi lanskap ekonomi digital yang terus berubah. Targetnya, Kominfo ingin meluluskan 150 startup digital pada tahun 2024.

Tidak sekadar lulus saja, startup ini diharapkan mampu mengembangkan skala bisnisnya, baik dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan dari Venture Capital, pasca mengikuti pelatihan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini