Digilife

Hoax, Internet Akan Mati 6 Hari Akibat Perbaikan Kabel Bawah Laut

  • 22 September 2021
  • Bagikan :

     

    Ilustrasi (Michael Geiger / Unsplash)

    Uzone.id - Sempat ramai pesan berantai di WhatsApp yang menyebutkan bahwa akan ada perbaikan kabel jaringan bawah laut Palapa Ring, yang mengakibatkan jaringan internet mati pada tanggal 24-30 September 2021.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun mengklarifikasi bahwa berdasarkan penelusuran, informasi tersebut adalah keliru.

    Jacson Baginda Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro menjelaskan kepada portalsitaro.com bahwa Palapa Ring paket tengah memang akan mengalami perbaikan dalam waktu dekat.

    "Selama perbaikan kabel fiber optik Palapa Ring, layanan jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Sitaro akan terus diupayakan tersedia, bukan mati total," dalam tulisan rilis yang disiarkan Kominfo.

    Selanjutnya, pada Rabu (22/9/2021) beredar video yang mengklaim internet akan mati selama 6 hari akibat dari perbaikan kabel bawah laut.

    BACA JUGA: Viral di TikTok, Perjuangan Menyambungkan Kabel Bawah Laut Diduga Milik IndiHome Telkom

    Akun TikTok @Chiko_3333 yang membagikan video tersebut kini sudah hilang dari peredaran.

    Video menampilkan foto-foto kegiatan perbaikan kabel bawah laut. Akun tersebut memuat narasi "Gangguan Kabel Bawah Laut, Internet IndiHome dan Telkomsel Down. Penyebab Gangguan IndiHome & Telkomsel Sudah Diketahui Laut Batam di Kedalaman 20 Meter," tulis dia.

    Bagaimana faktanya?

    Layanan Telkomsel dan IndiHome memang sempat terganggu pada Minggu (19/9/2021) malam karena sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak telah terputus.

    Layanan Telkomsel di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua pun terhambat.

    Namun, Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, sudah menginformasikan pada Senin (20/9) bahwa sejak terjadinya gangguan, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

    "Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," kata Pujo.

     

    Viral Video Perbaiki Kabel Bawah Laut

    Pada hari ini juga viral video yang memperlihatkan teknisi sedang memakai outfit diving sedang memperbaiki kabel bawah laut yang diduga milik Telkom.

    Video berdurasi 12 detik ini viral di TikTok dan telah ditonton 8,2 juta warganet semenjak pertama kali diunggah oleh akun @daniel..921 pada 21 September 2021.

    Terlihat beberapa potret para teknisi yang menyelam ke dasar laut untuk menyambung kembali kabel bawah laut yang menjadi penyebab adanya gangguan, yang diduga berimbas pada jaringan internet Telkomsel dan Indihome.