icon-category Auto

Honda EM1 e: Tahan Air, Tapi Gak Disarankan Terobos Banjir

  • 22 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Motor listrik biasanya sudah dibekali spesifikasi yang dapat tahan terhadap genangan air ataupun banjir. Namun banyak yang enggak tahu, walaupun bisa lewati banjir ternyata hal ini tidak disarankan oleh pabrikan. 

Reza Resdie selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM)menyebutkan pengguna motor listrik tidak perlu khawatir untuk menerobos banjir, apalagi sampai kesetrum. Menurutnya hal tersebut tidak akan terjadi, meskipun terdapat batasan ketinggian air yang bisa dilewati.

"Maksimal yang boleh dilewati genangan adalah 30 cm atau kira-kira setengah ban," ujar Reza di Jakarta belum lama ini.

alt-img

Bahkan Honda EM1 e: yang merupakan motor listrik pertama AHM yang dijual secara massal telah dibuktikan mampu melewati genangan air banjir. Hal ini didemonstrasikan di AHM Safety Riding Center di Cikarang, Jawa Barat saat sesi test ride motor listrik tersebut.

Namun menurut Reza, motor listrik tetap tidak disarankan untuk dipakai menerobos banjir. Terutama banjir dengan ketinggian air yang melebihi batas, meskipun tidak langsung mogok namun kemungkinan akan terdapat kerusakan di beberapa komponen.

"Air yang kita lewati bisa saja masuk ke dalam dinamo motor listrik dan merusak bearing bahkan sensor-sensor di dalamnya," jelas Reza.

Bahkan meskipun Honda EM1 e: sudah dibuat lebih kedap air pada beberapa komponen agar lebih aman, pihak pabrikan tetap tidak menyarankannya digunakan melintasi banjir.

"Pada routing atau kabel dibuat lebih waterproof. Konektornya juga dibikin waterproof. Jadi lebih aman, tapi tidak disarankan menerobos banjir," pungkasnya.

Sehingga bagi pengguna motor listrik, termasuk Honda EM1 e: harus lebih waspada saat musim hujan, terutama jika melintasi daerah yang tergenang banjir tinggi. Disarankan untuk mencari rute lain dan tidak memaksakan menerobos menggunakan motor listrik.

Perlu diketahui, Honda EM1 e: dijual dengan harga Rp33 juta untuk varian standar dan Rp33,5 juta untuk varian Plus.

Harga tersebut sudah termasuk potongan subsidi sebesar Rp7 juta dari pemerintah. Sehingga jika membeli tanpa subsidi harganya menjadi Rp40 juta dan Rp40,5 juta.

Dari segi spesifikasinya, Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus mengandalkan baterai dan penggerak listrik yang sama.

Keduanya menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 50,26 V 29,4 Ah yang menyuplai daya ke Brushless Motor atau hub drive dengan rated power 0,58 kW. Dengan dua komponen tersebut, Honda EM 1 e: memiliki tenaga maksimal sebesar 1,7 kW dan torsi 90 Nm.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini