icon-category Auto

Motor Listrik EM1 e: Dipakai Tim LCR Honda di MotoGP 2024

  • 20 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Honda EM1 e: merupakan motor listrik yang baru diluncurkan di Indonesia pada Desember 2023 kemarin. Menariknya sekarang motor listrik tersebut diandalkan salah satu tim balap di MotoGP.

Motor listrik Honda EM1 e: tersebut diandalkan oleh Tim LCR Honda dalam persiapan seri kedua MotoGP 2024 di Portugal. Hal ini diketahui lewat unggahan di Instagram Lucio Cecchinello selaku kepala Tim LCR Honda.

Setidaknya ada dua motor listrik Honda EM1 e: yang diandalkan tim satelit Honda di MotoGP ini. Salah satunya memiliki livery Castrol dan satunya algi memiliki livery dari Idemitsu.

"Motor sudah siap dan dimuat ke Portimao," ujar Lucio di Instagram pribadinya @luciocecchinellolcr.

alt-img

Jika dilihat lebih detil, Honda EM1 e: yang digunakan oleh tim LCR memiliki warna dasar putih. Kemudian pada livery Castrol memiliki stripping warna hijau dan merah di sekeliling bodynya, sementara pada livery Idemitsu didominasi striping warna merah dengan aksen abu-abu dan gold.

Penggunaan Honda EM1 e: diajang balap motor paling bergengsi yakni MotoGP bukan hal yang baru. Sebelumnya Honda EM1 e: juga pernah diandalkan oleh tim pabrikan Repsol Honda di musim 2023 kemarin pada saat seri MotoGP Jepang.

Carmelo Ezpeleta selaku Bos Dorna Sports pun mengakui era elektrifikasi tidak terelakkan. Peralihan motor bensin ke motor listrik sudah pasti terjadi, namun soal motor balap MotoGP dalam jangka pendek dan menengah masih akan terus mengandalkan mesin bensin.

"Dalam dua puluh tahun saya masih membayangkan MotoGP bertenaga bensin. Kami memiliki kesepakatan untuk mendapatkan bahan bakar sintetis, itu adalah jalan ke depan," ujar Ezpeleta seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Di Indonesia sendiri, motor listrik Honda EM1 e: sudah dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor listrik ini dijual dengan harga Rp33 juta untuk varian standar dan Rp33,5 juta untuk varian Plus.

Harga tersebut sudah termasuk potongan subsidi sebesar Rp7 juta dari pemerintah. Sehingga jika membeli tanpa subsidi harganya menjadi Rp40 juta dan Rp40,5 juta.

Dari segi spesifikasinya, Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus mengandalkan baterai dan penggerak listrik yang sama.

Keduanya menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 50,26 V 29,4 Ah yang menyuplai daya ke Brushless Motor atau hub drive dengan rated power 0,58 kW. Dengan dua komponen tersebut, Honda EM 1 e: memiliki tenaga maksimal sebesar 1,7 kW dan torsi 90 Nm.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini