icon-category Auto

Honda Vario 160, Skutik Sporty Sahabat Galon dan Gas Melon

  • 07 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Honda Vario 160 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Honda Astra Motor telah meluncurkan All New Vario 160 di awal Februari 2022 dengan mesin 160cc yang lebih gahar dibandingkan generasi sebelumnya yang ditenagai mesin 150cc.

    Vario 160 merupakan skutik sport dengan desain yang dibuat lebih gemuk dan berotot, termasuk pada bannya lebih lebar dibandingkan generasi sebelumnya.

    Untuk merasakan pengalaman mengendarai Vario 160, kami pun memutuskan untuk membeli unit ini. Kami memilih Vario 160 ABS yang saat itu harganya nyaris Rp29 juta atau tepatnya 28.662.000 (OTR DKI Jakarta).

    Baca juga: Pengalaman Seminggu Pakai All New Vario 160

    Di atas kertas, Vario 160 punya tenaga 15,4 PS @8500 rpm dan torsi 13,8 Nm @7000 rpm. Sementara itu, PCX 160 punya tenaga lebih besar, yakni 16 PS @8.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @6.500 rpm.

    Pihak AHM memberikan alasan mengapa tenaga Vario 160 lebih kecil dibanding PCX 160. Dijelaskan, saat melakukan uji coba, AHM menggunakan bensin Premium atau RON 88. Maka dari itu, AHM memberi lampu hijau untuk skuter ini bisa mengonsumsi Premium.

    Adapun saat kami melakukan pengujian langsung, kami menggunakan Pertamax. Dengan bensin yang dijual Rp12.500 per liter itu, motor ini bisa menghasilkan power yang lebih kuat. Bahkan, di jalanan yang lurus meraih kecepatan di atas 75 km/jam sangat mudah.

    Selain kencang, Vario 160 jadi lebih irit dengan rata-rata di atas 50 km per liternya. Lalu, bagaimana saat menggunakan Pertalite?

    Baca Juga: Kijang Innova EV Concept Sudah Jalani Test Drive, Begini Rasanya

    Ketika beralih ke Pertalite, Vario 160 sedikit kurang bertenaga dibandingkan dengan pakai Pertamax. Kami mencoba menggeber unit ini di jalanan lurus. Cukup sulit untuk meraih kecepatan di atas 75 km/jam saat perjalanan dari Depok menuju kantor di Pancoran, Jakarta Selatan.

    Namun kami mencatat, performa Vario 160 saat menggunakan Pertamax maupun Pertalite tidak mengalami perbedaan yang signifikan.

    Soal keiritan, pakai Pertalite memang lebih ngedrop dibandingkan pakai Pertamax. Kami mendapatkan rata-rata di angka 45 km per liter. Gap-nya cukup lebar bukan?

    Jadi Pilih mana? Pertamax yang harganya Rp12.500 per liter atau Pertalite dengan harga Rp7.650 per liter. Selain itu, bagi kamu tertarik ingin beli All New Vario 160 mungkin kelebihan yang kami dapatkan dari pengujian bisa dijadikan referensi.

    Baca juga: Kenapa Tesla Milik Deddy Corbuzier Anti Ganjil Genap? 

    Kelebihan All New Vario 160

    1. Enak Diajak Nikung Rebahan

    Vario 160 sudah memakai ban yang lebih lebar dibandingkan Vario 150 yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

    Motor ini pakai ban depan ukuran 100/80-14 serta ban belakang berukuran 120/70-14. Sehingga, dengan tapak yang lebih lebar, skuter sport ini dimungkinkan untuk diajak nikung rebahan.

    2. Sahabat Galon dan Gas Melon 3 Kg

    Alih-alih jadi motor sport, skuter ini masih bisa bersahabat dengan galon air mineral 19 liter dan gas melon 3 kg.

    Jadi, meskipun Vario 160 punya tampang sangar dan asyik diajak kebut-kebutan, kamu masih bisa belanja galon air mineral dan gas melon 3 kg yang diletakkan di dek depannya yang rata.

    Mungkin ini kelebihan Vario 160 dibandingkan pesaingnya Yamaha Aerox 155 yang memiliki tulang menonjol di bagian dek.

    3. Bagasi Besar

    Vario 160 punya bagasi dengan volume 18 liter, sehingga bisa muat satu helm. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan jas hujan untuk jatah dua orang di bagasi.

    4. Lebih Murah dari PCX dengan Mesin Sama

    Vario 160 menawarkan mesin dengan kelas yang sama dengan PCX 160, namun dengan harga yang lebih murah tentunya.

    PCX 160 saat ini paling murah dijual Rp32 jutaan. Sedangkan Vario 160 CBS saat ini dijual Rp26 jutaan. Harga tersebut berpatokan pada OTR DKI Jakarta.

    5. Keyless Anti Maling

    Vario 160 sudah pakai sistem keyless disertai alarm sehingga aman dari pencurian. Kamu juga gak perlu repot memasukkan anak kunci saat ingin menghidupkan atau mencabut kunci usai melakukan perjalanan.

    6. USB Charger

    Selama perjalanan, kamu gak perlu khawatir ponsel kehabisan baterai karena Vario 160 terdapat USB Charger yang terdapat di kompartemen depan disertai penutup. Kompartemen tersebut juga bisa menyimpan barang-barang yang kecil.

    Baca juga: Akal-akalan Warga Hindari Ruas Ganjil Genap yang Baru

    Kekurangan All New Vario 160

    Selain kelebihan tadi, kami juga merasakan ada kekurangan pada Vario 160, antara lain:

    1. Suspensi Belakang Keras

    Suspensi belakang Vario 160 cukup keras jika dipakai tanpa boncengan. Berbeda ketika ada boncengan, suspensi menjadi lebih empuk.

    2. Engsel Kait Jok Suka Error

    Entah kenapa Vario 160 suka error kait joknya. Namun, masalah ini masih bisa kita selesaikan sendiri tanpa harus ke bengkel.

    3. Lampu Kurang Terang

    Kami juga melihat lampu depan Vario 160 kurang terang. Menurut pendapat kami, reflektor cahaya lampu sengaja dibuat merata sehingga tidak fokus menyorot ke depan. Tapi itu bisa diakali dengan menggunakan lampu jauh.

    Nah, itu dia pengalaman kami bersama Vario 160. Apakah skutik ini jadi pilihan partner kamu?

      

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini