home ×
Digilife

Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Dua Hari Ini jadi Google Doodle

21 March 2020 By
Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan yang Dua Hari Ini jadi Google Doodle
Uzone

Uzone.id - Sudah dua hari ini laman google.com memunculkan seseorang yang sedang cuci tangan. Hal ini sejalan dengan anjuran cuci tangan untuk mencegah virus Corona.

Sosok pria tersebut tak lain adalah Ignaz Semmelweis, seorang dokter asal Jerman yang memprakarsai sebuah prosedur kesehatan sederhana, yakni mencuci tangan. Pada 20 Maret 1847, ia memelopori prosedur cuci tangan untuk pertama kalinya.

Munculnya prosedur kesehatan cuci tangan, bermula ketika Semmelweis mendapatkan gelar dokternya di Universitas Vienna, Jerman, pada 1 Juli 1837 dan kemudian memutuskan untuk fokus di bidang spesialis kebidanan.

Baca juga: Atta Halilintar Dihujat Netizen

Dirinya pun bekerja di Rumah Sakit Umum Vienna pada 1 Juli 1846 sebagai asisten profesor Johann Klein dan mereka berdua memimpin klinik bidan pertama di RS tersebut.

Kala itu, ada sebuah penyakit demam yang sedang marak dan mewabah di RS tersebut, yaitu "childbed fever", sejenis demam yang ternyata sangat berbahaya dan memiliki tingkat kematian yang tinggi, terutama untuk ibu yang sedang melahirkan.

Setelah melakukan penelitian, ia menemukan penyebabnya. Semmelweis menyimpulkan kalau justru para dokterlah yang menjadi penyebab dari penyakit tersebut.

Dokter bedah membawa materi infeksius berupa bakteri, virus, atau mikroorganisme lain di tangan dari tindakan operasi atau autopsi sebelumnya dan dapat menular kepada pasien mereka.

Semmelweis pun sigap dan langsung menerapkan peraturan untuk mencuci tangan sebelum seorang dokter memeriksa pasien.

Awalnya, banyak yang skeptis dan gak percaya kalau anjuran cuci tangan yang dicetuskan Semmelweis ini, bisa mengurangi jumlah kasus penyakit. Namun pelan tapi pasti, protokol tersebut ternyata mengurangi kasus childbed fever.

Bahkan, beberapa dekade kemudian, protokol kebersihan dengan mencuci tangan sangat direkomendasikan oleh beberapa instansi kesehatan dan dianggap sebagai pencegahan dari penyakit yang disebabkan oleh kuman.

Dan sekarang, tahun 2020, ketika virus Corona sedang mewabah, salah satu pencegahannya adalah dengan mencuci tangan dan kita pun harus berterima kasih pada Semmelweis.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Pradana 24 March 2020 | 09:56:59

maka nya sering wudlu

Satria Kelana 23 March 2020 | 05:19:32

saya jadi tahu caranya cuci tangan dengan baik dan benar

Miskin aman 21 March 2020 | 21:52:58

untuk kalian jaga kesehatan dan cuci tangan sebelum makan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article