home ×
Digilife

IMEI Ilegal Ponsel DIblokir, Wisatawan Asing Tak Bisa Pakai SIM Card Operator RI?

29 February 2020 By
IMEI Ilegal Ponsel DIblokir, Wisatawan Asing Tak Bisa Pakai SIM Card Operator RI?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Penertiban IMEI ilegal yang berujung blokir ponsel diprediksi juga akan berimbas pada wisatawan asing yang membawa smartphone-nya ke Indonesia. Mereka dipastikan tidak akan bisa memakai smartphone dengan menggunakan SIM Card operator Indonesia.

Rupanya pemerintah juga telah memikirkan hal ini. Namun belum ada keputusan yang jelas bagaimana aturan main wisatawan asing yang ingin menggunakan handphone-nya sementara waktu di Indonesia.

Wakil Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys mengatakan jika caranya sudah ada namun belum bisa dipublikasikan karena masih dalam pembahasan.

"Ada caranya. Nanti dikeluarkan aturan mainnya," ujar Merza saat dihubungi Uzone.id, Jumat, 28 Februari 2020.

Baca juga: Jumlah Download TikTok Melesat, Facebook Was-was

Saat ditanya kapan akan dikeluarkan, Merza belum bisa mengatakannya secara pasti. Namun yang jelas, aturan main wisatawan yang ingin tetap menggunakan handphone dari negaranya dengan memakai SIM Card operator Indonesia, akan dikeluarkan sebelum tanggal 18 April.

Sebelumnya, dihubungi terpisah, VP Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin mengatakan bahwa memang aturan mengenai penggunaan smartphone milik wisawatan asing, yang diatur sebagai penggunaan layanan seluler sementara, masih dibahas.

"Iya, itu nanti ada caranya wisatawan yang mau gunakan layanan seluler sementara. Kalau tidak salah melibatkan data paspor. Namun lebih jelasnya nanti dari pihak Kominfo," kata pria yang kerap disapa Abe.

Baca juga: Spesifikasi Realme 6 Pro Terungkap

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan bersama para jajaran eksekutif perusahaan operator seluler pada hari ini, Jumat (28/2) resmi mengumumkan metode pemblokiran ponsel ilegal yang akan diterapkan per 18 April 2020, yakni dengan metode whitelist.

Metode Whitelist menerapkan “normally off” yang artinya hanya ponsel yang memiliki IMEI legal yang bisa menerima sinyal dan melakukan layanan telekomunikasi dari operator.

Dengan begitu, pemerintah memperingatkan agar nantinya setelah 18 April 2020, masyarakat bisa mengecek nomor IMEI ponsel terlebih dahulu di situs Kemenperin khusus IMEI, www.imei.kemenperin.go.id  sebelum melakukan pembelian baik secara offline atau di toko maupun online.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DHStyle 15 April 2020 | 15:05:36

sepertinya bisa kalau beli handphone yang original

ALI YUSUF 07 March 2020 | 07:07:10

kalau tidak boleh harus difikirkan lagi

pejuang 04 March 2020 | 23:23:30

mungkin ini sangat merugikan para wisatawan asing

Miskin aman 01 March 2020 | 14:45:54

masih banyak masalah juga untuk saat ini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article