home ×
Digilife

India Blokir PUBG Mobile dan 118 Aplikasi asal China Lainnya

03 September 2020 By
India Blokir PUBG Mobile dan 118 Aplikasi asal China Lainnya
Share
Share
Share
Share

PUBG Mobile (Foto: Techcrunch/GettyImages)

Uzone.id - India telah melarang lebih dari 100 aplikasi tambahan yang memiliki keterkaitan dengan China, termasuk aplikasi populer PUBG, dengan alasan kekhawatiran keamanan dunia maya karena ketegangan geopolitik yang meningkat di perbatasan yang disengketakan di kedua negara tersebut.

Pada hari Rabu (2/9), Kementerian TI India memerintahkan untuk melarang 118 aplikasi yang dikategorikan merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum".

“Langkah ini akan membantu “melindungi kepentingan puluhan juta pengguna seluler dan internet India. Keputusan ini merupakan langkah yang ditargetkan untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kedaulatan dunia maya India, ”kata kementerian itu, seperti dikutip dari Techcrunch, Kamis (3/9).

Baca juga: 47 Aplikasi China Diblokir India

Selain PUBG Mobile, dari daftar 115 aplikasi yang diblokir beberapa diantaranya aplikasi populer lainnya, mesin pencari Baidu, aplikasi kolaborasi bisnis WeChat Work, layanan penyimpanan cloud Tencent Weiyun, game Rise of Kingdoms, layanan utilitas APUS Launcher, VPN untuk TikTok, layanan e-commerce Mobile Taobao, video hosting layanan Youko, situs berita Sina News, layanan pembaca kartu CamCard, serta versi Lite dari PUBG.

PUBG - diterbitkan dan didistribusikan di India oleh raksasa China Tencent - sejauh ini merupakan judul paling populer di antara aplikasi yang baru dilarang. Aplikasi ini memiliki lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan pada bulan Juli di India.

Baca juga: Ribut dengan China, India Blokir TikTok, UCBrowser dan WeChat


“Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi telah menerima banyak keluhan dari berbagai sumber termasuk beberapa laporan tentang penyalahgunaan beberapa aplikasi seluler yang tersedia di platform Android dan iOS karena mencuri dan secara diam-diam mentransmisikan data pengguna secara tidak sah ke server yang memiliki lokasi di luar India , ”Kata kementerian India dalam sebuah pernyataan.

Aksi blokir ini, bermula dari ketegangan pemerintah India dan China terus meningkat sejak bentrokan militer di perbatasan terjadi pada awal bulan Juni lalu. Setelah sebelumnya memblokir 59 aplikasi, India kembali memblokir 47 aplikasi buatan China.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
aiya 03 September 2020 | 17:52:55

india ada konflik apa ama cina nich

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article