icon-category Digilife

Indigo Fusion Fest 2022, Buka Peluang Startup Berbisnis dengan TelkomGroup

  • 07 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Indigo Fusion Fest 2022 (Foto: Dok Indigo)

    Uzone.id -  Startup binaan Indigo diberi kesempatan untuk menciptakan sebuah peluang bisnis baru dengan sejumlah anak perusahaan yang berada di Telkom Group.

    Program yang diberi nama Indigo Fusion Fest 2022 merupakan ajang untuk memfasilitasi startup di bawah naungan Indigo dengan Telkom Group dalam menciptakan kesepakatan bisnis baru.

    Indigo Fusion Fest merupakan virtual event perdana di tahun 2022 ini dari Program Indigo – bagian dari Leap, Telkom Indonesia yang senantiasa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekosistem startup digital di Indonesia. Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan tech startup potensial binaan Indigo kepada insan Telkom Group.

    Acara exhibition digelar pada 23-25 Maret 2022 lalu dibarengi dengan business matchmaking pada 21 Maret hingga 25 Maret 2022. Untuk memperbesar potensi sinergi, online exhibition akan terus dibuka hingga 22 April 2022 mendatang.

    Baca juga: Indigo Unlocking Day, Membuka Peluang Pelaku Bisnis Startup

    Di ajang Indigo Fusion Fest 2022 ini, startup binaan Indigo menawarkan business matchmaking, jaringan, mendapatkan wawasan pasar dari Telkom Group dan juga membuka peluang bisnis di masa depan.

    Menurut Indigo, mengapa mereka menggelar acara ini agar produk-produk yang ditawarkan oleh startup tersebut benar-benar bisa divalidasi oleh market dan mendapatkan masukan untuk pengembangan bisnis mereka.

    Banyak bisa dilakukan oleh para startup untuk sinergi model dengan perusahaan Telkom Group, seperti model sinergi co-creation, go to market, vendorship dan Telkom service. Apa saja pengertiannya?

    Co-Creation adalah model sinergi dimana startup binaan Indigo dan Telkom Group mengembangkan produk digital secara bersama sehingga menghasilkan produk yang bisa sejalan serta diterima oleh konsumen.

    Sementara Go To Market, startup-startup Indigo dan Telkom Group akan melakukan penetrasi pasar bersama untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

    Lalu Vendorship, ini merupakan model sinergi dimana produk atau layanan startup-startup Indigo dibeli dan dimanfaatkan secara langsung oleh Telkom Group.

    Sedangkan Telkom Service adalah model sinergi dimana produk atau layanan Telkom Group dibeli dan dimanfaatkan oleh startup-startup Indigo

    Menurut pihak penyelenggara, Indigo Fusion Fest 2022, setidaknya ada 46 startup mulai dari inkubasi, akselerasi, dan alumni yang hadir. Termasuk 11 Tribe Telkom, Telkom Subsidiaries, Functional Unit Telkom, dan Customer Facing Unit Telkom.

    Indigo Fusion Fest adalah inisiatif Indigo yang menjadi bagian dari LEAP sebagai umbrella produk dan bisnis digital Telkom Indonesia. Event yang menjadi momentum untuk mendorong sinergi dan kolaborasi yang win-win antara startup indigo dengan Telkom Group untuk mempercepat transformasi dan akselerasi digital,” ujar M. Fajrin Raysid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia.

    “Saya berharap banyak diskusi, banyak interaksi, dan banyak kolaborasi yang terjalin antara startup indigo dengan Telkom Group. Jangan lupa untuk terus berinovasi, jangan lelah untuk melahirkan karya, dan jangan lupa untuk bersinergi dengan seluruh esensi Telkom Group maupun Indonesia. Dengan demikian visi kita untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia dapat lebih mudah kita capai,” tambahnya.

    Sementara itu menurut Sigit Hadi Prayoga, Tribe Leader E-Health Telkom Indonesia, 

    Exhibition & Business Matchmaking Indigo Fusion Fest 2022 memberikan insight animo berkembangnya startup di Bidang Kesehatan (healthtech) di Indonesia secara signifikan, terlebih di masa pandemi.

    “Peran entitas di ekosistem kesehatan menjadi penting untuk dapat memanfaatkan potensi, kapabilitas dan kapasitas lokal yang ada, sehingga Layanan Kesehatan yang Personalized dapat dikembangkan lebih baik,” ujarnya.

    Hal senada juga diucapkan oleh Thomas Mujirin, VP Data & Insight Volantis Technology, dia bilang business matchmaking dengan berbagai entitas Telkom Groupnya juga memberikan diskusi-diskusi menarik dan memberikan peluang kolaborasi.

    “Mudah-mudahan ke depan membuka kolaborasi yang lebih luas antara Volantis dan berbagai entitas Telkom Group," tandasnya.


    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini