icon-category Telco

Indosat Ooredoo Hutchison Siapkan 800 BTS 5G di Tahun Ini

Ilustrasi ponsel dengan fitur 5G

Uzone.id - Menjadi Official Partner 5G di ajang Jakarta E-Prix atau Formula E 2022 menjadi momen yang tepat bagi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) untuk memperluas area jaringan generasi kelima di Indonesia.

Muhammad Danny Buldansyah selaku Director and Chief Regulatory IOH menyatakan, perusahaan sedang menyiapkan 800 BTS 5G di seluruh Indonesia sampai akhir tahun ini.

“Ratusan BTS 5G ini akan disebar di seluruh Indonesia mulai semester 2 tahun ini,” kata Danny.

Kendati begitu, ia tak mengungkap daerah mana saja yang akan dijangkau jaringan 5G Indosat Ooredoo Hutchison. Menurutnya, penetapan cakupan 5G yang baru tergantung analisa kebutuhan serta berapa banyak smartphone 5G yang beredar.

“Tempatnya akan diumumkan nanti, tunggu saja. Apakah nanti ditempatkan di kantong-kantong industri atau mahasiswa/pelajar, kita tunggu saja.” sambungnya.

Adapun untuk saat ini, baru 5 kota saja yang sudah merasakan kencangnya internet 5G dari IOH, yakni Jakarta, Makassar, Solo, Surabaya, dan Balikpapan.

Baca juga: Kecepatan 5G Indosat di Formula E Jakarta Bisa Tembus 4 Gbps

IOH jadi Sponsor Telekomunikasi di Formula E Jakarta 2022

Indosat Ooredoo Hutchison resmi menjadi Official 5G Partner di Formula E Jakarta

Bersama dengan Ericsson, Indosat Ooredoo Hutchison resmi menjadi Official 5G Partner untuk balapan Formula E 2022 yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Menjadi sponsor, Indosat berjanji akan menghadirkan pengalaman internet 5G yang maksimal kepada pembalap, kru tim, panitia, hingga ratusan ribu penonton yang hadir.

IOH didukung penuh oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo. Menurut Danny, perusahaan mendapatkan pinjaman spektrum 500 MHz dari Kominfo untuk memberikan pengalaman 5G yang sebenarnya saat Formula E berlangsung.

Sebagai gambaran, spektrum dengan lebar 500 MHz dapat menghembuskan kecepatan internet sampai 4 Gbps. Kendati begitu, kecepatan internet yang ada tergantung dengan latensi dan berapa banyak pengunjung yang mengakses jaringan yang sama.

Baca juga: Formula E Jakarta, Malah Seru Politiknya Dibanding Entertainment

“Kami didukung penuh oleh pemerintah dalam hal ini Kominfo. Kami mendapatkan pinjaman spektrum 500 MHz untuk event ini demi memberikan real experience saat Formula E berlangsung di Jakarta,” jelas Danny.

Untuk bisa merasakan cepatnya jaringan generasi kelima, pelanggan IOH yang datang ke Formula E 2022 di Jakarta wajib menggunakan smartphone 5G-ready dan sudah terdaftar resmi untuk dipasarkan di Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini