icon-category Gadget

Infinix Siapkan Fast Charging 180W, Ngecas 50 Persen Cuma 4 Menit

Uzone.id - Teknologi fast charging 120W dan 150W saja sudah sangat cepat. Tapi buat perusahaan teknologi seperti Infinix, rasanya masih belum cukup. Baru-baru ini Infinix memamerkan sistem 180W Thunder Charge yang rencananya akan dihadirkan pada ponsel terbaru di tahun ini.

Kalau fast charging 150W dapat mengisi 50% daya baterai 4.500 mAh selama 5 menit, 180W Thunder Charge dari Infinix bisa ngecas 50% baterai dengan kapasitas yang sama dalam waktu 4 menit saja.

Mengutip dari GSMArena, ada dua mode kecepatan pengisian daya yang dihadirkan. Furious Mode yang menyuguhkan kecepatan maksimum dan Normal Mode untuk menjaga temperatur ponsel tetap terjaga.

Infinix menggunakan teknologi baterai dual-cell berjenis 8C yang dihubungkan secara seri. Masing-masing baterai bisa menangani daya maksimal sampai 90W.

Baca juga: Infinix Note 12 VIP Bawa Fast Charging 120W

Demi keamanan, ada beberapa lapisan perlindungan juga yang diberikan untuk menjaga suhu tak naik signifikan. Infinix menggandeng produsen baterai untuk membuat desain multi-electrode lug yang mengurangi resistansi internal baterai hingga lebih dari 50 persen.

Kedua baterai nantinya disuplai oleh tiga ‘pompa’ pengisian daya yang memiliki tingkat efisiensi konversi sebesar 99 persen. Infinix mengklaim, teknologi tersebut sudah yang terbaik sejauh ini.

Teknologi tersebut diklaim bisa mengurangi panas yang dihasilkan daya yang besar, tapi tidak cukup untuk memastikan pengoperasian yang benar-benar aman. Lalu, solusi lainnya apa?

Infinix merancang 111 mekanisme keamanan di tingkat software dan hardware. Sistem ini akan mengawasi suhu tinggi yang terjadi, peningkatan tegangan, interferensi elektromagnetik dan ancaman-ancaman lainnya. Ketika hal buruk diprediksi akan terjadi, proses pengisian daya akan dihentikan.

Lalu Infinix menyematkan 20 sensor suhu yang memantau port USB, chip pengisian daya, baterai dan komponen lainnya. Sistem ini saling berkolaborasi untuk menjaga suhu ponsel selalu berada di bawah 43 derajat celcius.

Baca juga: Wujud Realme GT Neo3 Naruto Edition

Di bagian kabel pengisian daya, Infinix juga melindunginya dengan sistem keamanan canggih. 180W Thunder Charge menggunakan chip enkripsi khusus untuk memverifikasi keaslian kabel. Jika bukan kabel Thunder Charge yang dipakai, maka pengisian daya akan dibatasi sampai 60W saja.

Menjamin keamanannya, 180W Thunder Charge sudah menerima sertifikasi Safe Fast-Charge System dari TUV Rheinland. Diperkirakan ponsel pertama Infinix dengan 180W THunder Charge akan hadir pada paruh kedua tahun ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini