icon-category Film

Ini Alasan Kenapa Film-film Marvel Selalu Ada Cuplikan Post-credit

  • 01 Nov 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id -- “Lo bangga nggak, kalau suatu saat lihat nama gue di credit film kayak gini?” tanya gue kepada teman gue bernama Dinda saat menunggu post-credit dari ‘Captain America: The Winter Soldier’ yang dirilis empat tahun lalu.

Teman gue menjawab, “banggalah! Gue bakal nunggu sampai nama lo keluar.

Bukan, percakapan pribadi gue di atas bukan jadi alasan kenapa film-film Marvel selalu memberi satu sampai dua post-credit setiap filmnya berakhir. Gue belum sampai sekeren itu untuk menginspirasi Kevin Feige. Apalah gue, hanya tukang mimpi yang dari kecil pengin bekerja di studio film.

Jadi… Kita semua tahu, sudah menjadi tradisi dari Marvel Studios untuk menyuguhkan para penonton dengan potongan adegan dari film-film yang akan datang dan diletakkan di akhir kredit film yang kala itu sedang ditayangkan.

via GIPHY

Pernah nggak terpikirkan, kenapa sih harus ada post-credit?

Terkadang menyebalkan karena harus menunggu 5 sampai 10 menit lamanya sampai kredit para kru yang jumlahnya banyak banget itu habis. Baru deh, kita bisa menyaksikan post-credit. Lucunya, mau mengeluh ngantuk pun, penonton tetap kompak menunggu di kursi bioskop sampai benar-benar habis banget.

Baru-baru ini Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengatakan sebuah pernyataan yang sangat menarik mengenai post-credit. Dalam hal ini tentu saja tradisi post-credit yang diletakan di tiap akhir film-film Marvel. Ternyata alasannya lebih dari sekadar engagement penonton.

Baca juga: Meski Sudah Mati, Karakter Satu ini Akan Kembali di Avengers 4

Feige baru dianugerahkan penghargaan Britannia Award untuk Worldwide Contribution to Entertainment di BAFTA Los Angeles pada 27 Oktober 2018 kemarin. Piala itu dipersembahkan langsung oleh Jon Favreau, aktor dan sutradara yang besar karena film ‘Iron Man’ dan ‘Iron Man 2’.

Setelah menerima piala itu dan berbicara di atas panggung, Feige mulai berbicara tentang betapa pentingnya film untuk menghubungkan orang, kultur, dan perbedaan lain. Lalu, dia secara spesifik mengaitkannya dengan tradisi post-credit di film-film Marvel.

“Film menyatukan orang-orang di dalam bioskop, serta menyatukan mereka yang bekerja di balik layar,” kata Feige. “Di Marvel Studios, kami selalu menyisipkan sebuah adegan post-credit di semua film-film kami. Para penggemar menyukainya karena itu sama seperti teaser singkat tentang apa yang akan terjadi berikutnya.”

Tak berhenti di situ Feige melanjutkan, “tapi bonus nyatanya adalah, penonton tetap duduk di bioskop dan melihat ratusan ribu orang yang telah bekerja keras untuk menggarap film ini sampai dirilis. Hal ini sangat menginspirasi saya saat masih kecil untuk bisa melihat nama-nama itu, dan saya harap hal ini juga dapat menginspirasi orang lain di masa sekarang.”

Dalem ya… Ucapannya itu langsung disambut riuh tepuk tangan dari para tamu yang memenuhi aula megah itu.

Paling tidak, alasan dari Feige tersebut memang benar-benar akan menyentuh mereka (mungkin termasuk gue) yang sangat mengapresiasi seni dari pembuatan film.

Kalau mau lihat pidato lengkap Feige di acara ini, berikut videonya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini