home ×
Digilife

Ini Aplikasi Andalan Tokopedia Selama Karyawan WFH

25 March 2021 By
Ini Aplikasi Andalan Tokopedia Selama Karyawan WFH
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Tokopedia kembali menggelar acara bulanan Start Summit Extention yang ke-10, pada Selasa (24/3/2021) dengan mengusung tema "How Tokopedia Embraces Full-WFH During Covid-19 through Technology" melalui virtual. 

Tema tersebut diangkat karena 16 Maret lalu jadi 'ulang tahun' work from home yang dilakukan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara ini.       

Ketika menerapkan kerja dari rumah kepada para karyawan, Tokopedia mengembangkan aplikasi internal yang diberi nama MyRemote, yang memungkinkan para pimpinan dan tim mengukur kinerja.

BACA JUGA: Sex Doll Akan Berjalan, Bicara dan Merasakan dalam 10 Tahun Lagi

MyRemote juga memungkinkan para pemimpin untuk menilai bawahan mereka, dan juga sebagai umpan balik yang memungkinkan karyawan merefleksikan dan menyelaraskan dalam tim.

Aplikasi ini juga bisa menjawab bagaimana perusahaan memastikan kolaborasi tetap efektif, memastikan Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) tetap sehat, mengukur produktivitas Nakaa, dan menjalankan event besar Tokopedia.

Sekedar informasi, Tokopedia saat ini memiliki lebih dari 5.000 karyawan dan di dalamnya termasuk 1.000 engineers.

Chrystiadi Harris, Head of Engineering Tokopedia, menjelaskan bahwa perusahaan mengembangkan MyRemote sekitar 2 bulan.

"Kenapa sih kita develop sendiri (MyRemote)? karena kita lihat gak ada yang cocok sama keperluan, specifically keperluan Tokopedia, maka akhirnya kita di-set untuk develop sendiri," kata Chrystiadi.

Chrystiadi juga membeberkan tantangan terberat selama Nakama melakukan WFH. Dia menyebut tantangan terberat adalah bagaimana Tokopedia bisa melakukan menjalankan dengan baik secara kolaborasi, secara event, semuanya terlaksana dengan baik.

"Jadi di satu sisi kita gak ngeberatin Nakama untuk selalu update apa yang mereka lakuin tapi di sisi lain kita juga me-major performance ya," kata dia.

Sehingga, aplikasi MyRemote bisa seakurat mungkin melakukan penilaian terhadap performa Nakama. 

VIDEO Hands-On Samsung Galaxy A72 Indonesia

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article