icon-category Digilife

Ini Cara Jaga Privasi Akun di Shopee

  • 18 Oct 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto Ilustrasi: dok. Inside Retail Asia

    Uzone.id -- Sebagai e-commerce dengan jumlah pengguna yang masif, Shopee tentunya memiliki berbagai fitur yang memudahkan konsumen. Namun, ada satu fitur baru yang cukup mengagetkan banyak orang.

    Jika twit milik akun @efify tidak viral, mungkin belum tentu banyak pengguna yang sadar mengenai fitur Shopee Friends. Sayangnya, kehadiran fitur ini seperti ‘ninja’, pergerakannya tidak banyak diketahui orang, tiba-tiba muncul begitu saja.

    Tak hanya itu, Shopee Friends ini mendapat kesan pertama yang kurang enak di mata netizen. Di kolom chat yang biasanya digunakan oleh pengguna berbicara dengan para seller, tiba-tiba ada tambahan kolom yang memberi tahu aktivitas teman di dalam kontak Shopee.

    Baca juga: Fitur Baru Shopee Bisa Intip Belanjaan Teman, Langgar Privasi?

    Di tengah tanggapan yang kurang enak dari netizen, nyatanya Shopee Indonesia kalau hal itu memang adalah fitur Shopee Friends, dan pengguna tetap memiliki kendali untuk melindungi privasi masing-masing agar tidak bisa dilihat oleh orang lain.

    Ini langkah-langkahnya:

    1. Buka aplikasi Shopee
    2. Pilih kolom ‘Saya’ di bagian bawah aplikasi
    3. Klik ikon ‘Settings’ atau ‘Pengaturan Akun > ‘Pengaturan Privasi’
    4. Klik bagian ‘Pengaturan Status Sosial’, atau klik link https://shp.ee/hkpkmjf
    5. Selesai.

    Hadirnya Shopee Friends ini sempat dianggap pelanggaran privasi pengguna, sebab banyak yang belum tahu keberadaan dan fungsinya.

    Baca juga: Tokopedia hingga Shopee Jual Barang Ikonis Khas 'Squid Game'

    Selain menjelaskan mengenai kendali pengguna yang masih bisa mengatur privasi, Shopee juga mengklaim produk atau barang sensitif pengguna tidak dapat dilihat oleh orang lain.

    Sebagai info tambahan, barang-barang sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain sama sekali. Semoga infonya membantu,” cuit akun @ShopeeID.

    Hingga artikel ini diterbitkan, pihak Uzone sudah menghubungi perwakilan Shopee Indonesia mengenai aturan privasi dan fitur Shopee Friends lebih lanjut, namun belum mendapat jawaban.

    VIDEO: Review Samsung Galaxy A52s 5G

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini