icon-category Digilife

Ini Cara Sembunyikan ‘Foto Aib’ yang Di-tag Teman di Instagram

  • 09 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – Pernah nggak sih, kalian mendadak merasa insecure atau bete ketika ada teman tag foto atau video di Instagram karena muka kalian lagi penuh ‘aib’? Rasanya bisa langsung mencoreng image kalian gitu karena selama ini kalian telah susah payah membangun sentuhan aesthetic di Instagram.

    Pada intinya, Instagram selama ini memberikan kendali penuh ke para penggunanya soal pengaturan konten seperti foto dan video yang di-tag orang lain di dalam profil kita.

    Dengan kata lain, Instagram memiliki pengaturan khusus jika kita ingin menyembunyikan foto-foto yang nggak kita inginkan muncul di dalam ‘Photos of You’ profil kita. Kalau kita sembunyikan, orang lain nggak bisa lihat apa saja yang telah orang lain tag.

    Baca juga: Males Ngedit Reels? Instagram Bakal Bikin Fitur Templates

    Bisa jadi ini adalah fitur yang sering digunakan banyak influencer atau selebriti karena banyak fans di luar sana yang hobi tag ini-itu.

    Begini langkah-langkahnya:

    1. Klik profil Instagram > klik opsi di kanan atas dengan ikon tiga garis
    2. Pilih Settings > Privacy > Posts
    3. Ada opsi ‘Allow Tags From’, jika kalian pilih ‘Everyone’, maka siapapun bisa tag akun kita
    4. Kalau pilih ‘People You Follow’ maka yang bisa tag hanya orang-orang yang kalian follow. Jika pilih ‘No One’ maka tidak ada yang bisa tag profil kita
    5. Opsi ‘Tagged Posts’ di bawahnya adalah bagian kita mengontrol foto apa saja yang bisa tampil di profil kita jika orang tag
    6. Kalau kita klik opsi ini, Instagram akan menyajikan dua kontrol di bagian ‘Tag controls’. Jika kita aktifkan ‘Manually approve tags’ maka kita bisa mengatur foto hasil tag orang mana saja yang bisa tampil di profil. Tapi kalau tidak diaktifkan, foto tag tersebut akan muncul secara otomatis di profil kita.
    7. Selesai
    Foto: dok. Instagram

    Jika kalian benar-benar nggak mau ada yang bisa tag akun kalian, maka bisa langsung pilih ‘No One’ di bagian ‘Allow Tags From’.

    Bahkan, Instagram juga memberikan kebebasan bagi kita jika ingin menghapus tag tersebut secara manual. Tinggal buka foto atau video yang di-tag orang lain, lalu klik ikon tiga lingkaran di bagian atas, klik ‘Post options’ lalu klik ‘Remove me from post’.

    Foto: dok. Instagram

    Ada yang sudah mencoba?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini