home ×
Gadget

Ini Deretan Ponsel yang Bisa Pakai Telkomsel 5G

04 June 2021 By
Ini Deretan Ponsel yang Bisa Pakai Telkomsel 5G
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Dok. Telkomsel)

Uzone.id - Telkomsel telah resmi meluncurkan jaringan 5G di Jakarta pada 27 Mei 2021. Tak lama setelah itu, Telkomsel 5G diluncurkan di tiga kota lain, yakni Balikpapan, Medan, dan Surakarta pada 3 Juni 2021.

Pada momen peluncuran di kota Surakarta, bertempat di Balaikota Surakarta, Telkomsel juga menghadirkan demo pemanfaatan akses jaringan 5G, seperti teknologi Virtual Tourism yang didukung VR Immersive Experience, dan High Speed Office Connectivity yang didukung layanan 5G FWA dari perangkat Telkomsel ORBIT 5G.

Ada pula Interactive Public Services untuk pemanfaatan fitur video call di layanan Pajak kota Surakarta yang didukung teknologi nGage Video, dan Health and Safety Detection yang menggunakan keunggulan fitur Video Analytic.

Untuk perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Baca juga: Kominfo: Jangan Benturkan 4G dan 5G

Telkomsel akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

  1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Baca juga: Telkomsel Resmikan Layanan 5G di Surakarta

Lebih jauh soal jaringan 5G, Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, “Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia sehingga kedepannya siapa pun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal.”

"Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak,” imbuhnya dalam pernyataan resminya.

Menurutnya, hadirnya Telkomsel 5G merupakan simbol komitmen untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id