icon-category Gadget

Ini Perubahan Signifikan pada Samsung Galaxy Z Flip3

  • 20 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

     

     

     

    Uzone.id - Ketika smartphone lipat muncul dan diperkenalkan di tanah air, banyak orang yang meragukan ketangguhan perangkat tersebut. Terutama pada ketahanan engsel buka tutup, layar yang rentan, sampai tak tahan air. Kini Samsung memberikan pembaharuan yang cukup signifikan dalam smartphone lipatnya, khususnya di Z Flip3.

    Dilansir melalui MakeUseOf.com, menurut riset internal Samsung, pengguna akan lebih tertarik membeli smartphone lipat dengan harga yang terjangkau dan daya tahan yang lebih kuat. Makanya, usai mengeluarkan Galaxy Z Flip, Samsung melanjutkan lini produk ponsel lipatnya langsung ke Z Flip3. Ini untuk memberikan keyakinan kepada penggemar Samsung jika perangkat lipat terbaru ini jauh lebih kuat ketimbang pendahulunya.

    IMG_5842

    Jika dilihat dari luar, Galaxy Z Flip3 memang terlihat mungil dan keren. Tatkala digenggam, terasa kekuatan bodi nya yang kokoh walau ramping saat cangkangnya terbuka. Pasalnya, layar tersebut dilindungi oleh merek jaminan mutu untuk kekuatan layar tiada tanding, yakni Corning Gorilla Glass Victus yang merupakan generasi terbaru pelindung layar paling paten.

    Baca juga: Tren Ponsel Masa Depan Dimulai dari Fold dan Flip

    Corning membuat Gorilla Glass Victus bukan tanpa alasan. Pelapis yang kuat memungkinkan vendor ponsel membuat kaca layar lebih tipis tanpa mengurangi daya tahan ponsel. Dengan memotong beberapa milimeter dari kaca, perangkat jauh lebih tipis dan ringan. Bahkan Victus diklaim bisa membuat smartphone bertahan saat jatuh dari ketinggian dua meter.

    Itu bagian layar dalam. Di bagian luar, kini terdapat layar yang lebih besar ketimbang generasi sebelumnya. Jika di Galaxy Z Flip hanya ada layar depan seukuran plester, di Galaxy Z Flip3 terdapat layar sekunder mini di cangkang atas dengan ukuran 1,9 inci. 

    Galaxy Z Flip3 yang kecil sangat mungkin untuk diletakkan di kantong atau dompet. Makanya layar depan membutuhkan proteksi yang cukup signifikan karena berada di posisi terbuka dan memiliki potensi besar untuk tergores. Bisa saja dikarenakan terkena gesekan kunci, atau kacamata dan uang koin. Untungnya, Samsung telah melengkapi proteksi layar bagian depan kini lebih kuat 80 persen terhadap goresan. 

    Yang paling menarik adalah engsel yang digunakan untuk buka tutup cangkang Z Flip3. Dua layar yang berdempet kerap terpisah saat kita membutuhkan tampilan layar yang lebih lebar. 

    IMG_5797

    Browsing berita di Google Search, membalas email kantor, stalking medsos teman atau mantan atau sekadar membalas pesan pribadi lewat WhatsApp atau Telegram, pasti membutuhkan buka tutup layar sesering mungkin setiap harinya. Namun jangan khawatir, layar Galaxy Z Flip3 memiliki engsel yang cukup kuat karena terbuat dari Armor Alumunium. 

    Bahan alumunium tidak memberikan beban lebih terhadap total berat perangkat, makanya Z Flip3 masuk kategori cukup ringan. Oia, Armor Alumunium juga merupakan materi yang digunakan untuk bodi Z Flip3 sehingga membuatnya jauh dari goresan karena benda tajam, atau tak mudah rusak hanya karena jatuh tak sengaja.

    Samsung menyematkan Hideaway Hinge yang revolusioner, memungkinkan perangkat tetap kuat dalam satu kesatuan demi mendukung pengalaman pengguna inovatif dari Flex Mode. Engsel ini diklaim mampu bertahan lama dengan frekuensi lipat sebanyak 200 ribu kali. 

    Baca juga: Spesifikasi Naik Kelas Samsung Galaxy Z Flip3

    Artinya, jika perangkat tersebut mengalami frekuensi buka tutup layar sebanyak 60 kali dalam sehari maka engsel lipatan Z Flip3 bisa terus bertahan sampai 10 tahun lamanya. Uji coba ketahanan engsel ini bukan kaleng-kaleng karena tes pelipatan dilakukan secara ketat, terverifikasi oleh Bureau Veritas, jaminan nama untuk sebuah keakuratan dan ketangguhan perangkat.

    Ini merupakan kali pertama sebuah ponsel cangkang bisa tahan terhadap air. Samsung telah menyematkan Galaxy Z Flip3 dengan teknologi IPX8. Memang bukan IP68 namun yang jelas, Z Flip3 akan tetap beroperasi jika terjatuh ke dalam air. 

    Misalnya saat Pool Party. Kemudian kita tak sengaja menjatuhkan Z Flip3 ke dalam kolam renang sedalam 1,5 meter. Smartphone masih bisa digunakan setelah terendam dalam air kurang dari 30 menit. Dengan demikian, siapapun pengguna Z Flip3 akan menjadi perhatian dalam pesta karena memadupadankan fashion dan teknologi secara bersamaan.

    Z Flip3 juga mengusung sejumlah fitur kamera terbaru sehingga pengguna bisa menciptakan kreasi menakjubkan, termasuk membuat foto selfie unik secara hands-free dengan Flex Mode. 

    Tinggal buka layar atas Z Flip3 kemudian dudukkan di atas permukaan maka tak perlu lagi tongsis untuk menjaga jarak objek selfie dengan kamera perangkat. Bisa juga untuk menonton YouTube atau streaming secara hands-free.

    Selain itu, saat perangkat dalam kondisi tertutup, pengguna bisa mengambil foto dengan cepat, terlebih lagi merekam video juga kini bisa langsung dari Cover Screen lewat fitur Quick Shot yang telah dikembangkan, caranya dengan menekan tombol daya Z Flip3 dua kali. Tak ketinggalan, scrolling di Z Flip3 pun terasa sangat mulus berkat adaptive refresh rate 120Hz.

    Jangan lupakan juga Stereo Speaker dengan Dolby Atmos pada Z Flip3 karena pengguna bisa merasakan suara immersive dengan kejernihan, kedalaman, dan efek spasial yang luar biasa. 

    Galaxy Z Flip3 bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp 14.999.000. Kunjungi laman resmi Samsung di www.galaxylaunchpack.com untuk melakukan pre-order.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini