home ×
Startup

Ini Program Binaan Startup Perempuan dari Gojek

03 November 2019 By
Ini Program Binaan Startup Perempuan dari Gojek
Share
Share
Share
Share

Diskusi panel oleh Gojek Xcelerate bertema Advancing Women Leaders in Tech. (Foto: Dok. Gojek)

Uzone.id - Program Gojek Xcelerate batch 2 mengembangkan 10 startup karya perempuan dari Indonesia dan Asia Pasifik. Program ini diinisiasi untuk mendorong keterlibatan perempuan di bidang teknologi dan startup.

Ada berbagai pelatihan intensif bersama sejumlah mentor Gojek dan mentor kelas dunia lainnya dari Google, McKinsey & Company dan UBS dalam program ini. Gojek Xcelerate batch juga menghubungkan para startup ke jaringan investor global.

SVP Product Management Gojek Dian Rosanti mengatakan, "Gojek Xcelerate batch 2 berfokus melatih startup yang dipimpin perempuan mengenai strategi penting dalam mengembangkan bisnis, serta menghubungkan mereka dengan pemimpin perempuan sukses dari berbagai industri dan memberikan akses jejaring mentor dan investor yang satu visi."

Baca juga: Gojek dan RedDoorz Jalin Kerja Sama, Suguhkan Banyak Promo Buat Traveler

Lebih lanjut, Dian mengungkapkan bahwa dalam proses pelatihan Gojek Xcelerate, para startup mendapatkan materi komprehensif mengenai strategy product and market fit, growth hacking, fundraising pitch training, leadership, dan culture building dari Gojek.

Program batch 2 dari Gojek Xcelerate ini diharapkan bisa mengakselerasi partisipasi perempuan di industri teknologi.

Akselerator startup global, Digitaraya juga melihat adanya pertumbuhan yang positif dari partisipasi perempuan di industri teknologi. Managing Director Digitaraya Nicole Yap mengatakan, “Dari 50 startup yang telah bergabung, 10 persen diantaranya kini dipimpin eksekutif perempuan paling tidak di posisi Co-Founder atau eksekutif lainnya di C-level."

Karena itu, Nicole percaya, kolaborasi bersama Gojek dan pemain industri global lainnya yang sudah berpengalaman dalam mengoptimalkan peran perempuan di industri teknologi akan mampu melahirkan startup-startup dengan talenta yang memiliki keahlian mendalam dan siap menciptakan ekosistem teknologi yang lebih inklusif bagi masyarakat luas.

Baca juga: Seberapa Aman Transaksi Uang Pakai Dompet Digital Dana?

Sementara itu, Dian menambahkan, “Kami percaya bahwa dengan industri teknologi yang lebih beragam secara gender akan mendorong lebih banyak inovasi dan mengakselerasi pertumbuhan sebuah bisnis. Contohnya, di Gojek, banyak inovasi yang muncul di kami karena banyaknya perempuan yang mengisi berbagai posisi dari product manager hingga engineer." 

Dian berharap sepuluh startup ini menjadi perwakilan dari industri teknologi di berbagai bidang yang berpotensi untuk terus berkembang di waktu mendatang. "Kami berharap, perempuan-perempuan hebat ini bisa menjadi role model, sehingga lebih banyak lagi perempuan yang terinspirasi untuk mengembangkan ekosistem teknologi di Asia Tenggara," ujar Dian.

Program akselerator Gojek Xcelerate batch 2 mengembangkan 10 startup yang dipimpin perempuan. Dua dari sepuluh startup berasal dari Indonesia, selebihnya dari berbagai negara di Asia Pasifik.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id