icon-category Gadget

Ini Tanda-tanda OnePlus Batal Comeback di Indonesia?

Uzone.id - Terhitung sudah dua bulan, sejak pengumuman rencana comeback OnePlus ke pasar Indonesia digaungkan. Tapi hingga kini, pabrikan asal China tersebut tak kunjung meluncurkan smartphone pertamanya sejak vakum dari industri perponselan tanah air sejak tahun 2016 silam.

Head of PR OnePlus Indonesia, Arga Bima sempat mengatakan kalau terjadi penundaan. Tapi alih-alih ditunda peluncurannya, kami malah merasa OnePlus ‘lebih memilih’ batal jualan smartphone di Indonesia.

Ada sejumlah tanda yang menguatkan anggapan kami ini. Paling jelas terlihat dari media sosial resmi OnePlus Indonesia, seperti Twitter, Instagram, hingga Facebook yang tak ada interaksi maupun unggahan baru sejak beberapa minggu yang lalu.

Instagram misalnya. Akun ini seperti sudah non aktif, lantaran postingan terakhir diunggah sebulan yang lalu. Netizen yang berkomentar pun tak kunjung dibalas oleh OnePlus Indonesia.

alt-img

Bio akun ini juga cuma menampilkan tautan linktree saja. Padahal sebelumnya, OnePlus Indonesia menuliskan kalimat, “Coming soon, please register your interest in the link below.”

Terkait dengan Linktree, sebelumnya OnePlus juga menyertakan tautan untuk masuk ke grup komunitas WhatsApp dan Telegram resmi OnePlus Indonesia. Tapi sekarang, cuma menampilkan link untuk menuju Twitter, Instagram, Facebook, dan situs resmi OnePlus Indonesia.

alt-img
Toko resmi OnePlus di Lazada

Bukan cuma media sosial resmi yang tidak aktif, toko resmi OnePlus Indonesia di Tokopedia, Blibli, hingga Lazada juga tak kunjung memberikan informasi atau menampilkan produk yang akan diluncurkan.

alt-img
Toko resmi OnePlus di Blibli

Malahan, berdasarkan pantauan tim Uzone.id, toko OnePlus Official di Tokopedia tak lagi memiliki lencana ‘Official Store’ berwarna ungu yang seharusnya tampil di sebelah kiri nama toko.

alt-img
Toko resmi OnePlus di Tokopedia

Fans OnePlus merasa ‘digantung’

Non aktif sejak sebulan yang lalu, para penggemar OnePlus yang menantikan smartphone terbaru di Indonesia pun merasa digantung oleh pabrikan asal China ini. 

“Kalo di sini ada orang Oppo atau OnePlus, mungkin bisa tolong jelasin kenapa lama banget launching-nya dan kenapa sosmed-nya udah hampir sebulan gak aktif?” ujar Alvin, pemilik akun @sondesix.

Diketahui, ia mengikuti program The Seed dari OnePlus Indonesia. Program ini memberikan kesempatan untuk 50 anggota komunitas OnePlus Indonesia untuk menjajal OnePlus 11 selama 1 bulan.

“Publik butuh tau lho info ini, soalnya dari 1 April orang udah dibikin hype, udah nungguin banget buat muncul,” lanjut Alvin.

Di Instagram pun, sejumlah pengguna turut berkomentar di postingan terakhir OnePlus Indonesia. 

“Minimal kalo ga jadi masuk Indonesia, info lah. Sebulan lebih ga ada info apa". Hp elit rilis Indonesia sulit,” terang akun @akbartatisina.

“#neverrelease,” gaung akun @fajar.rusius.

Ketidakjelasan OnePlus di Indonesia juga membuat segelintir anggota komunitasnya kebingungan. Seperti salah seorang pengguna bernama ‘FiveSixSEVEN’ yang membuat thread di circle ‘Indonesia’ pada forum OnePlus.

Postingan tersebut dibalas oleh beberapa pengguna yang juga mengutarakan kekecewaan mereka atas ketidakjelasan OnePlus di Indonesia. 

alt-img

“Mohon setidaknya memberikan informasi tentang peluncuran. Tim PR bilang ada penundaan, tapi tim media sosial tidak memposting apapun hampir 1 bulan. Beri komunitas harapan atau bicarakan saja jika dibatalkan, kami baik-baik saja,” kata FiveSixSEVEN di situs komunitas OnePlus.

“Yang kurang bagus ambiguitasnya, seperti OnePlus setengah hati rilis di Indonesia,” sambungnya, sambil me-mention akun Pete Lau, CEO dari OnePlus.

Terjadi keterlambatan peluncuran

Beberapa waktu lalu, tim Uzone.id menghubungi Arga terkait gosip kalau OnePlus batal meluncurkan smartphone-nya di Indonesia. Lewat pesan singkat, ia meminta maaf atas keterlambatan peluncuran produk OnePlus di Indonesia.

“Kami mohon maaf atas penundaan peluncuran OnePlus di Indonesia karena adanya perubahan strategi. Selanjutnya, please standby dengan berita terbaru dari OnePlus," jelasnya.

"Melalui siaran podcast di Uzone Talks, dan menjawab banyaknya pertanyaan calon konsumen, sebenarnya yang kami sampaikan bahwa di awal Juni itu masyarakat bisa mengetahui waktu peluncuran produk OnePlus melalui media sosial OnePlus Indonesia namun bukan kami sudah memulai jualan produk OnePlus. Terima kasih," pungkas Arga.

Sejauh ini, ada dua smartphone yang kemungkinan bakal dibawa OnePlus ke Indonesia, yakni OnePlus 11 dan OnePlus Nord 3. Keduanya sudah masuk situs Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian RI dan e-Sertifikasi Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Di situs TKDN, OnePlus Nord 3 dengan nomor model OnePlus CPH2493 mengantongi nilai TKDN sebesar 36,65 persen, sementara OnePlus 11 dengan kode OnePlus CPH2449 mendapatkan nilai TKDN 35,95 persen.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini