icon-category Gadget

Inikah Desain Terbaru MacBook, Dua Layar Tanpa Keyboard

  • 25 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Sebuah paten yang diduga merupakan desain MacBook terbaru tersebar di dunia maya dan menghebohkan industri teknologi dunia. Pasalnya, dalam rancangan paten tersebut, Apple membuat MacBook dengan desain dua layar, tanpa keyboard.

    Dilansir melalui SlashGear, Rabu, 25 Agustus 2021, upaya Microsoft untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi laptop dua layar sepertinya diikuti oleh Apple. Padahal di ranah Android, jarang ada yang mau mengikuti arus tren Surface Duo atau Surface Neo.

    macbook-dual-screen-patent-2

    Namun untuk bisnis PC, sepertinya dua layar sentuh di setiap sisi merupakan hal yang menarik. Buktinya, jika paten itu benar, Apple mencoba mengadopsinya untuk MacBook masa depan.

    Baca juga: Batal Rilis, Ponsel Lipat Google Ditunda

    Tidak seperti ponsel atau tablet yang dapat dilipat, laptop layar ganda menawarkan beberapa manfaat yang lebih sesuai, termasuk desain yang lebih andal dan lebih tahan lama. Pasar mungkin sudah akrab dengan beberapa gagasan yang disajikan oleh Microsoft Surface Neo dan konsep ASUS Project Precog, tetapi banyak dari gagasan itu berkisar pada perluasan desktop Windows ke dua layar. Paten Apple, di sisi lain, lebih sederhana dan lebih canggih, memperlakukan tampilan kedua sebagai area input khusus.

    Paten ini sepertinya sudah diajukan sejak tiga tahun lalu tetapi baru disetujui sekarang. Paten menunjukkan layar kedua yang berfungsi sebagai area untuk keyboard virtual, touchpad, kontrol gerakan, dan metode input lainnya. Layar tidak berfungsi sebagai perpanjangan dari tampilan utama, tetapi bisa diaplikasi juga seperti itu.

    Baca juga: Google Ikut-ikutan Bikin Ponsel Lipat

    Yang membuat paten unik adalah jumlah fleksibilitas yang ditawarkannya. Selain tata letak keyboard, tampilan virtual akan memungkinkan pengguna untuk beralih ke desain keyboard yang lebih 'ergonomis' atau menempatkan touchpad di posisi apa pun yang mereka inginkan. Ini juga dapat digunakan untuk jenis input lain, seperti pengontrol untuk game atau gerakan sentuh biasa.

    Menariknya, beberapa fungsi hampir mirip dengan Microsoft Surface Dial, atau memiliki biometrik seperti Touch ID dengan pelat atas yang terpisah.

    Menarik?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini