home ×
Gadget

Inikah iMac Pertama Berbasis ARM? Diperkenalkan Saat WWDC 2020

22 June 2020 By
Inikah iMac Pertama Berbasis ARM? Diperkenalkan Saat WWDC 2020
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Meski semua event teknologi telah dibatalkan karena terdampak Covid-19, tidak demikian dengan Worldwide Developer Conference. Event tahunan besutan Apple itu akan dilaksanakan secara virtual hari ini, 22 Juni 2020. Di sinilah Apple akan memperkenalkan iMac pertama berbasis ARM.

Menurut analis Apple yang terpercaya, Ming-chi Kuio, Apple akan secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan beralih menggunakan prosesor berbasis ARM besutannya sendiri. ARM merupakan chip buatan Apple dan akan digunakan di iMac untuk menggantikan prosesor Intel.

DIlansir melalui Slashgear, Senin, 22 Juni 2020, Intel memang masih digunakan untuk sebagian besar PC yang ada di dunia. Namun Apple merasa sudah saatnya mereka harus menggunakan Intel yang mereka produksi sendiri.

MacBook pertama yang akan dibekali chip ARM adalah sebuah iMac dengan ukuran layar 13,3 inci. Selain itu ada juga iMac dengan layar 24 inci. Perangkat ini akan menjadi awal menghilangnya Intel di komputer Apple. Bahkan saat keduanya berada di pasaran, Intel pun akan menghilang dari Apple selamanya.

Pergeseran dari Intel ke ARM ini akan menjadi salah satu perubahan paling besar dalam beberapa dekade, tidak hanya dalam hal perangkat keras tetapi terutama dalam hal perangkat lunak. Meskipun chip ARM jelas memiliki manfaat dalam hal efisiensi daya, masih harus dilihat seberapa baik kinerja mereka dengan sistem operasi desktop seperti macOS.

Selain diumumkan untuk pertama kalinya, Apple akan memberi pengembang waktu untuk menyesuaikan sebelum Mac baru diluncurkan pada 2021.

Baca juga: Apple Seharusnya Beli Mesin Pencari Sendiri

Dengan begitu, segala chipset yang berguna sebagai ‘otak’ komputer Mac Apple mungkin akan segera pindah ke chip berbasis ARM yang dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri.

Prosesor baru ini akan didasarkan pada teknologi yang sama yang digunakan dalam iPhone dan iPad yang juga dirancang oleh Apple.

Bila menjadi kenyataan ini akan menjadi pertama kalinya dalam 36 tahun sejarah Mac akan menggunakan prosesor yang dirancang Apple sendiri.

Selama kehadiran Mac, Apple mengubah chip hanya dua kali. Pada awal 1990-an, Apple beralih dari prosesor Motorola ke PowerPC. Di WWDC pada 2005, Steve Jobs mengumumkan perpindahan dari PowerPC ke Intel, dan Apple meluncurkan Mac berbasis Intel yang pertama pada Januari 2006 hingga saat ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 23 June 2020 | 09:22:05

berbasis arm itu apa emangnya yah appee

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id