home ×
Auto

Innova, Pajero Sport, Fortuner Cs Bakal Makin Murah Berkat PPnBM Nol Persen

17 March 2021 By
Innova, Pajero Sport, Fortuner Cs Bakal Makin Murah Berkat PPnBM Nol Persen
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kenapa gak dari dulu? Barangkali pertanyaan itu y ang muncul ketika mengetahui penjualan mobil langsung melesat pasca pemerintah menerapkan kebijakan PPnBM nol persen untuk mobil dibawah 1.500cc.

Dianggap berhasil, relaksasi pajak ini bakal diperluas sampai dengan mobil-mobil yang punya kapasitas mesin dibawah 2.500cc.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa perluasan relaksasi ini dilakukan sesuai dengan arahan dan keinginan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Jawaban Wuling Soal Performa Mesin Confero yang Turun

Supaya kendaraan bermotor (KBM) roda empat dengan kapasitas 2.500 cc juga bisa mendapatkan insentif pajak dalam masa pandemi Covid-19 ini, syaratnya adalah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 70 persen.

“Formulasi perluasan dan pendalaman akan didasari oleh kenaikan tingkat kapasitas silinder kendaraan dikombinasikan dengan local purchase, atau hanya didasari local purchase, dan kemungkinan perubahan time frame-nya,” ujar Agus Gumiwang, dalam siaran persnya.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan,” tambah Agus.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memberikan sinyal insentif berupa pemangkasan tarif PPnBM bagi mobil bermesin hingga 2.500 cc itu.

Pernyataan Sri Mulyani menegaskan tujuan untuk menarik minat kelompok masyarakat kelas menengah ke atas yang dinilai memiliki daya beli yang lebih kuat di tengah pandemi saat ini.

Sehingga, dampaknya akan jauh lebih besar dari insentif serupa yang diberikan untuk pembelian mobil dengan mesin 1.500cc ke bawah.

Kalau nantinya ini jadi diberlakukan, maka bukan hanya jajaran low MPV seperti saat ini yang harganya bisa jauh lebih murah, tapi SUV-SUV eperti Fortuner dan Pajero, maupun Kijang Innova punya potensi kena diskon besar.

VIDEO Review Wuling Confero S, Wajah dan Mesin Berubah:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id