icon-category Digilife

Instagram Makin Palugada, Bakal Ada Fitur NFT biar Kreator Makin Cuan

  • 12 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Solen Feyissa/Unsplash

    Uzone.id -Seniman saat ini punya cara baru untuk menyalurkan karya mereka secara digital yang lebih kekinian lewat NFT, terimakasih pada Ghozali Dkk yang bikin NFT menjadi booming di Indonesia.

    Hadir sebagai peluang agar kreator bisa mendapat cuan lewat karya digital mereka, Instagram sedang menguji fitur baru yang akan dirilis dalam waktu dekat.

    Fitur ini memungkinkan adanya jual-beli koleksi digital berupa seni, gambar, video dan musik dalam bentuk NFT antar penggemar dan kreator di platform mereka.

    “Mulai minggu ini, beberapa kreator dan kolektor terpilih dapat membagikan koleksi digital mereka di Instagram,” tulis Instagram dalam pernyataan resminya yang diterima Uzone.id, Kamis, (12/05/2022).

    Baca juga: Berkat Elon Musk, Donald Trump Bakal Jadi Warga Twitter Lagi

    Beberapa kreator yang punya kesempatan menguji fitur ini lebih dulu adalah @adambombsquad, @bluethegreat, @bossbeautiesnft, @c.syresmith, @cynthiaerivo, @garyvee, @jenstark, @justmaiko, @maliha_z_art, @misshattan, @nopattern, @oseanworld, @paigebueckers, @phiawilson, @swopes dan @yungjake

    Lewat fitur ini, seniman bisa menggunakan NFT untuk karya mereka, makin dekat dengan penggemar, dan juga mencuankan koleksi digital mereka.

    Tentunya ini bakal jadi kabar yang menguntungkan bagi para kreator digital. Instagram juga takkan memungut biaya ketika kreator memposting dan membagikan koleksi mereka.

    IG NFT II

    Selain membagikan karya lewat NFT, ada beberapa menu yang akan dihadirkan fitur ini, Instagram mencatat 3 menu yang bisa dilakukan pengguna ketika menggunakan fitur ini.

    Pertama, menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram.

    Kedua, berbagi koleksi digital. Setelah kreator memposting koleksi digital mereka, koleksi ini bakal menampilkan efek berkilau dan informasi publik seperti deskripsi NFT, postingan ini juga akan muncul di profil si kreator.

    IG NFT

    Baca juga: Ini Cara Sembunyikan ‘Foto Aib’ yang Di-tag Teman di Instagram

    Ketiga, penandaan otomatis dari kreator. Kreator secara otomatis bisa dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

    Sementara ini, Instagram menghadirkan 2 opsi kripto yang akan mendukung fitur ini, Ethereum dan Polygon, nantinya Flow dan Solana akan menyusul hadir. Dompet pihak ketiga yang kompatibel dengan fitur ini adalah Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet. Nantinya, Coinbase, Dapper, dan Phantom juga akan segera dihadirkan Instagram.

    “Langkah ini penting bagi misi kami dalam memberdayakan lebih banyak orang dan kelompok yang kurang terwakili untuk memiliki akses ke aset digital seperti NFT. Dengan membangun dukungan untuk NFT, kami bertujuan untuk membantu menjadikan ruang NFT lebih inklusif bagi semua komunitas,” ungkap Instagram.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini