icon-category Digilife

Instagram Mulai Kembali Normal Setelah Error Semalaman

  • 01 Nov 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Setelah dilaporkan down semalaman, Instagram mulai kembali normal pada Selasa (1/11). 

Melalui cuitan di Twitter, pengguna melaporkan bahwa akun Instagramnya sudah kembali pulih dan tidak lagi terkena suspend

Dikabarkan pada Senin (31/10), platform jejaring sosial milik Meta ini tumbang dan membuat sejumlah penggunanya tidak bisa login hingga terkena suspend tanpa alasan yang jelas. 

Baca juga: Habit Orang di Instagram, dari Hide Dosen Sampai Follow Mantan

Beberapa juga mengeluhkan jumlah followers yang berkurang hingga mencapai ratusan dalam rentang waktu yang singkat.

Kata kunci 'Instagram Down', 'Suspend', 'Ini Instagram', dan 'Akun IG' pun menghiasi halaman trending topic di Twitter. Dipantau Uzone.id, topik ini sudah dikicaukan warganet lebih dari ratusan ribu kali pada Selasa (1/11). 

Sementara dilihat dari situs Down Detector, puncak pengguna melaporkan Instagram down ini berada pada pukul 21:21 WIB, Senin (31/10) dengan jumlah 464 ribu laporan. 

Situs juga mendeteksi Instagram down terjadi tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga Amerika Serikat khususnya wilayah New York, Los Angeles, Chicago, Boston, Washington, Atlanta, dan sekitarnya.

Mendapati banjirnya keluhan tersebut, pihak Instagram pun akhirnya angkat bicara. Melalui akun Twitter @InstagramComm, mereka mengonfirmasi bahwa penyebab platform tersebut mendadak down karena adanya bug (permasalahan di sistem). Per Selasa pagi (1/11), pihak Meta menyampaikan bahwa mereka sudah mengatasi masalah tersebut dan kini Instagram bisa diakses seperti sedia kala. 

Di akhir, mereka juga menyampaikan permohonan maaf atas hilangnya followers pengguna akibat kejadian tersebut. Seperti Cristiano Ronaldo contohnya, dilansir dari The Verge, akun pribadi pemain sepak bola tersebut juga terkena imbas error-nya Instagram. 

Menurut catatan mereka, akun Instagram Cristiano Ronaldo sempat menurun hingga 3 juta pengikut. Dari yang awalnya 493 juta, menurun jadi 490 juta followers. Namun, seiring pulih nya eror Instagram, kini jumlah followers Ronaldo mulai kembali dan sudah di angka 492 juta. 

Baca juga: Bahaya buat Remaja, Instagram Sampai Roblox Dituntut

Tumbangnya Instagram tadi malam cukup membuat penggunanya panik. Tak hanya soal kehilangan followers, tetapi karena mereka merasa sudah banyak kenangan yang tersimpan di archive story dan feed Instagram. Dengan akun yang ter-suspend bahkan hilang, banyak pengguna mengaku galau akibat kejadian tersebut.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini