icon-category Gadget

Samsung Pamer 'Kulkas AI' Bespoke 4-Door Flex di CES 2024, Bisa Apa?

Uzone.id - Artificial intelligence (AI) bakalan jadi topik utama dari gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2024. Banyak brand yang akan memamerkan rangkaian perangkat berbasis AI, tak terkecuali Samsung.

Bukan, bukan Samsung Galaxy S24 Series dengan fitur Galaxy AI seperti yang kalian harapkan. Melainkan, home appliances alias produk rumah tangga yang didukung AI dan konektivitas SmartThings.

Di CES 2024, Samsung bakal memamerkan kulkas pintar Bespoke 4-Door Flex 2024 dengan teknologi AI Family Hub+. 

“Kami bangga sekaligus senang dapat memamerkan fitur AI dan konektivitas yang telah dipercanggih ini, dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru untuk membantu siapapun meningkatkan pengalaman makanan dan dapur mereka ke level yang lebih tinggi,” ujar Moohyung Lee, EVP and Head of the Customer eXperience Team of the Digital Appliances Business Samsung Electronics, lewat keterangan pers yang diterima Uzone.id.

Lebih lanjut Lee mengatakan, “Kami berkomitmen untuk menghadirkan berbagai manfaat dari ekosistem makanan inovatif kami di berbagai perangkat dan fitur.”

Kulkas ini dilengkapi ragam fitur berbasis AI, satu di antaranya AI Vision Inside. Fitur ini berupa kamera internal yang bisa mendeteksi makanan apa saja yang dimasukkan dan dikeluarkan dari kulkas.

Diklaim, setidaknya Bespoke 4-Door Flex 2024 dapat mengenali hingga 33 jenis makanan segar. Nantinya, makanan-makanan ini ditampilkan pada layar LCD seluas 32 inci yang didukung oleh fitur Family Hub+.

Lewat fitur tersebut, kalian bisa ‘ngintip’ isi kulkas tanpa membukanya. Kalian juga dapat menambahkan informasi tanggal kadaluarsa secara manual. Ketika ada makanan yang mendekati masa kadaluarsa, lemari es akan mengirimkan peringatan kepada pengguna via pada layar.

alt-img

Menariknya, berkat AI Vision Inside pula, kulkas Bespoke 4-Door Flex 2024 mampu merekomendasikan resep hidangan lezat berdasarkan bahan-bahan makanan yang ada. Termasuk makanan sehat yang resepnya bakal disediakan oleh fitur Tailored Meal Plan. 

Jangan khawatir kalau kalian lagi menjalani program diet. Kulkas ini punya fitur Personalize yang didukung oleh Food AI, membantu menyesuaikan resep yang sesuai dengan kebutuhan diet bebas gluten, pescatarian, bebas-susu, dan diet lainnya.

Fitur lainnya, Bespoke 4-Door Flex 2024 dibekali dengan Fridge Manager yang secara simultan memantau status filter air di dalam kulkas dan menginformasikan kapan filter harus diganti.

Kemudian, fitur Tap View yang memberikan kemampuan mirroring tampilan smartphone Samsng Galaxy ke layar Family Hub+. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati aplikasi YouTube dan TikTok di layar kulkas untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan hiburan.

Ketersediaan

Kulkas Samsung Bespoke 4-Door Flex 2024 akan dipamerkan pada ajang CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) yang digelar pada 9 Januari mendatang. Sejauh ini, belum ada informasi mengenai ketersediaan di pasaran, termasuk kapan akan diluncurkan di Indonesia.

“Semua kemajuan ini dibangun untuk mencapai tujuan yang lebih besar dari Samsung dalam memperluas ekosistem makanan berbasis AI yang terhubung tanpa batas, dengan fokus utama untuk memberikan pengalaman dapur yang unggul kepada pengguna dengan mudah,” tutup Lee.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini