icon-category Gadget

Intel Rilis 'Raptor Lake', Prosesor Terkencang Sejagat Buat Laptop

Uzone.id - Setelah PC mendapatkan giliran pertama untuk Intel Core 13th Gen yang meluncur pada September tahun lalu, sekarang giliran laptop yang kebagian prosesor dengan kode ‘Raptor Lake’ tersebut. Ada empat seri yang diboyong Intel di CES 2023, yakni Intel Core 13th Gen HX-series, H-series, P-series, dan U-series.

Intel Core 13th Gen HX-series menjadi model tertinggi, dimana Intel Core i9-13980HX diklaim menjadi prosesor untuk laptop tercepat di dunia.

HX-Series terbaru menargetkan para gamer hardcore sebagai target utamanya. Chipset tersebut menawarkan konfigurasi CPU hingga 24-core, pertama kalinya di segmen prosesor untuk laptop.

Terdapat dua kluster CPU, terdiri dari 8 performance core (P-core) dan 16 efficiency core (E-core), dengan clock-speed tertinggi pada P-core mencapai 5,6 GHz. Berbicara soal performanya, chip ini memiliki kinerja 11 persen lebih baik untuk single-thread dan peningkatan 49 persen untuk multi-thread dibandingkan seri sebelumnya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Prosesor Intel Core 13th Gen ‘Raptor Lake’

Intel memberikan sejumlah dukungan agar laptop apapun yang ditenagai chipset terbaru ini mempunyai performa yang mengesankan. Chip dengan base TDP 55W tersebut telah mendukung PCIe 5.0, RAM DDR4 3200 atau DDR5 5600 hingga 128 GB, memungkinkan vendor menghadirkan sampai 4 port Thunderbolt 4, WiFi 6E, hingga Bluetooth 5.2.

Intel menyebut, beberapa vendor telah berkomitmen untuk menghadirkan laptop dengan Intel Core 13th Gen HX-series di tahun ini, seperti Acer, Dell, HP, Lenovo, MSI, Asus, sampai Razer.

Seri Intel Core 13th Gen lainnya

Turun level ke H-series, chip dengan base power 45W itu menyuguhkan CPU 14-core yang terdiri dari 6 P-core dan 8 E-core dengan kecepatan maksimum mencapai 5,4 GHz. Prosesor H-series cocok untuk disematkan pada laptop high-end dengan kinerja all-rounder atau dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, tak terkecuali gaming.

Untuk laptop tipis dengan kinerja stabil, Intel turut meluncurkan Core 13th Gen P-series dengan base power 28W. Sementara untuk laptop ringkas, mini, atau mungkin perangkat layar lipat, Intel Core 13th Gen U-series jadi dapur pacu yang cocok dengan base power 15W.

Baca juga: Review Acer Aspire Vero 14: Peduli Lingkungan, Ramah Buat Harian

P-series mengusung CPU 14-core yang terdiri dari 6 P-core dan 8 E-core dengan clock-speed maksimal sampai 5,2 GHz. Sementara U-series memiliki total CPU 10-core yang terdiri dari 2 P-core dan 8 E-core dengan clock-speed yang sama dengan P-series.

Beberapa model laptop terbaru dengan Intel Core 13th Gen H-series, P-series dan U-series turut akan diluncurkan di tahun ini, seperti dari Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, MSI, Samsung, dan lain sebagainya. Malah, beberapa seri di antaranya akan melenggang di ajang CES 2023.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini