icon-category Gadget

Intip Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 9 yang Segera Dirilis

Uzone.id - Asus Zenfone 9 dipastikan bakal diluncurkan pada 28 Juli mendatang secara global. Jelang peluncuran resmi, spesifikasi hingga harga ritel dari Asus Zenfone 9 malah bocor ke publik. Seperti apa?

Bocoran ini datang dari situs asal Norwegia, Elkjøp. Tak cuma spesifikasi dan harga, desain render Asus Zenfone 9 pun turut diungkap oleh situs ini. 

Kendati begitu, mungkin ada beberapa informasi yang sepenuhnya tidak akurat lantaran informasi ini memang seharusnya belum dipublikasikan secara meluas.

Asus masih membuat Zenfone 9 dengan form factor yang begitu mungil dan ringan. Smartphone ini tak seperti ponsel Android di luar sana yang mengusung layar besar dan bodi yang bongsor.

Suksesor Asus Zenfone 8 itu mempunyai dimensi 146,6 x 68,2 x 9,45mm dengan berat 165 gram. Ukuran layarnya 5,92 inci dengan jenis AMOLED buatan Samsung beresolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate 120Hz.

Baca juga: Asus ROG Strix G15CF, Gak Perlu Ngerakit Langsung Main!

Kecil-kecil juga, ponsel ini tangguh lho. Layarnya telah dilapisi Gorilla Glass Victus yang tahan gores, ponsel ini pun telah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu. Jadi seharusnya aman buat merekam kegiatan di bawah air selama 30 menit.

Layar ponsel ini tak melengkung, datar saja dengan bezel yang cukup tebal di bagian bawahnya. Di sudut kiri atas layar, tersemat lubang kamera sebagai tempat bagi kamera 12MP bersensor Sony IMX663 yang telah mendukung dual PDAF. 

Dengan fitur autofocus, kamera depan bisa menangkap foto selfie dengan lebih baik. Fokus pun bisa diatur, sehingga kualitas warna dan detail pada wajah bisa lebih bagus lagi.

Di belakang, Asus Zenfone 9 malah mirip dengan Huawei P50 Pro desainnya. Terlihat dengan dua lingkaran kamera yang besar dan menyimpang masing-masing satu kamera. Ya, smartphone ini cuma membawa dua kamera saja dengan konfigurasi kamera utama 50MP bersensor Sony IMX766 dan kamera 12MP ultra wide.

Kamera utamanya dilengkapi dengan gimbal stabilization dan mampu merekam video beresolusi 8K. Fitur kamera lainnya belum terungkap sampai saat ini.

Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1, harga mulai Rp12 jutaan

Seperti dugaan sebelumnya, Asus Zenfone 9 sudah ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipasangkan dengan RAM sampai 16 GB dan memori penyimpanan 256 GB. Baterainya lebih besar menjadi 4.300 mAh yang didukung fast charging 30W.

Walau layarnya sudah AMOLED, namun Zenfone 9 tak mendukung in-display fingerprint. Sensor sidik jari masih disematkan pada lokasi tradisional, yakni di samping bergabung dengan tombol power.

Smartphone ini mendapatkan sistem operasi Android stock terbaru dan dijanjikan mendapatkan update sampai Agustus 2024. Fitur lainnya, ada dukungan jaringan 5G dengan band 41, 77, 78 dan 79. 

Baca juga: Rekomendasi Laptop Murah untuk Mahasiswa & Anak Sekolah

Kemudian ada WiFi 6E, Bluetooth 5/2, NFC dan teknologi GNSS (GPS L1+L5, GLONASS L1, Galileo E1+E5a, BDS dan QZSS). Meski flagship, masih ada juga jack audio 3,5mm yang pastinya bikin pengguna makin suka.

Ada empat warna yang tersedia untuk Asus Zenfone 9, yakni Midnight Black, Starry Blue, Sunset Red dan Moonlight White. Adapun untuk harga, Asus Zenfone 9 dipasarkan 8.000 krone atau Rp12,1 jutaan untuk model 8/128 GB, 8.800 krone atau Rp13,3 jutaan untuk varian 8/256 GB dan 9.500 krone atau setara Rp14,4 jutaan untuk varian tertinggi 16/256 GB.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini