icon-category Gadget

Rekomendasi Laptop Murah untuk Mahasiswa & Anak Sekolah

Uzone.id - Laptop bukan cuma jadi perangkat penting buat karyawan kantoran saja, tapi juga mahasiswa dan pelajar. Dengan memiliki laptop yang proper, tugas kuliah atau sekolah bisa dikerjakan tanpa kendala yang berarti.

Namun biasanya, laptop berkualitas terbaik dibanderol dengan harga yang mahal. Tapi jangan khawatir, tim Uzone.id punya rekomendasi laptop terbaik dan murah buat kalian para mahasiswa atau anak sekolah.

Meski murah, daftar di bawah ini tak murahan lho. Spesifikasinya mantap, desainnya juga sudah kekinian dengan material yang bagus. Biar gak penasaran, berikut rekomendasi lengkapnya.

Huawei MateBook D15 2022

Daftar pertama dibuka dengan laptop terbaru dari Huawei Indonesia, Huawei MateBook D15 (2022). Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core 11th Gen, tepatnya Intel Core i5-1135G7 yang bisa diandalkan untuk kebutuhan multi-tasking.

Apalagi, dikombinasikan dengan RAM 8 GB, penyimpanan internal 256 GB berjenis SSD NVMe PCIe dan kartu grafis terintegrasi Intel Iris X Graphics. Buat anak-anak sekolah atau mahasiswa yang butuh laptop gercep untuk ngerjain tugas, makalah, laporan, hingga skripsi, laptop ini pas untuk kalian.

Membuka dua jendela aplikasi bersamaan juga sangat memuaskan berkat layar 15,6 inci beresolusi Full HD yang tergolong bezel-less. Layar dengan rasio 16:9 itu bisa memuat dua aplikasi berbarengan dengan ukuran yang masih cukup luas.

Baca juga: Review Huawei MateBook D15 (2022)

Ngetik juga enak dan nyaman karena area keyboard yang besar. Areanya begitu luas dengan jarak antar keycaps yang lega, sehingga meminimalisir terjadinya typo saat kerja.

Buat kalian yang pakai ponsel atau tablet Huawei dengan NFC, bisa juga memanfaatkan fitur Huawei Share dengan menaruh perangkat ke area NFC di kanan bawah keyboard. Fitur ini membuat integrasi antara ponsel dan laptop lebih seamless.

Soal harga, Huawei MateBook D15 (2022) dengan Intel Core 11th Gen dijual Rp9 jutaan untuk model Intel Core i5.

Asus ExpertBook B3 Flip

Laptop berikutnya yang murah dan terbaik buat para mahasiswa maupun pelajar adalah Asus ExpertBook B3 Flip. Wait, ini kan laptop untuk kalangan bisnis?

Untuk serinya memang ya, tapi ExpertBook sekarang menurut kami sangat layak untuk dijadikan sebagai laptop sehari-hari karena menawarkan spesifikasi yang andal dan desain yang tangguh juga.

Desainnya convertible, layarnya pun bisa dibuka sampai 360 derajat ala-ala tablet. Mode pemakaian lain juga bisa diaplikasikan, seperti tent misalnya.

Karena bentuknya dapat diubah seperti tablet, maka ExpertBook B3 Flip mengusung layar touchscreen berjenis IPS LCD berukuran 14 inci. Resolusinya sudah mencapai 1080p alias Full HD dan bisa menerima input stylus.

Baca juga: Harga Asus ExpertBook B3 Flip

Menariknya, pulpen pintar tersebut telah terpasang di dalam bodinya. Jadi buat mahasiswa yang lagi presentasi, bisa sambil corat-coret di layar untuk menjelaskan materinya di hadapan dosen.

Adapun untuk spesifikasinya, menggunakan Intel Core 11th Gen yang dipadukan dengan kartu grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics, RAM DDR4 sampai 16 GB yang masih bisa di-upgrade, penyimpanan SSD PCIe 3.0 berkapasitas sampai 1 TB, serta baterai 3-cell Li-ion dengan kapasitas 50 WHrs.

Asus ExpertBook B3 Flip dijual dengan harga mulai Rp14 jutaan untuk model non seluler dan Rp 15 jutaan untuk varian 4G LTE.

Asus VivoBook Pro 14 OLED

Masih dari Asus, laptop terbaik dan murah buat mahasiswa serta anak sekolah adalah Asus VivoBook Pro 14 OLED. Sebenarnya laptop ini ditujukan bagi para kreator, tapi mahasiswa DKV hingga arsitektur juga kreator, betul kan?

Buat kalian yang senang gambar, desain grafis dan sejenisnya, Asus VivoBook Pro 14 OLED ini memang cocok banget sih. Layarnya sudah OLED dengan ukuran 14 inci. Resolusinya pun 2,8K dengan akurasi warna yang begitu tinggi.

Belum lagi layarnya sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated yang menjamin kualitas warna yang diberikan bakal natural dan berkualitas baik.

Baca juga: Review Asus VivoBook Pro 14 OLED

Soal spesifikasi, jangan diragukan. Prosesornya menggunakan Intel 11th Gen (Intel Core i5 dan Intel Core i7) yang dikombinasikan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1650, RAM sampai 16 GB dan penyimpanan 512 GB SSD.

Asus VivoBook pro 14 OLED dijual dengan harga mulai Rp14,9 jutaan untuk model terendahnya. Menarik kan?

Acer Aspire Vero

Kalian mahasiswa atau pelajar yang peduli lingkungan? Gak lengkap rasanya kalau tidak menggunakan perangkat yang go green, seperti Acer Aspire Vero ini.

Laptop terbaru Acer tersebut diklaim sebagai laptop yang eco-friendly karena terbuat dari material daur ulang. Acer menggunakan bahan daur ulang plastik berjenis PCR atau post consumer recycled

30 persen bodinya menggunakan plastik daur ulang, sedangkan untuk keyboard menggunakan 50 persen plastik yang ramah lingkungan.

Konsep ‘go green’ ini tak menjadi satu-satunya kelebihan Acer Aspire Vero. Laptop terbaik dan murah buat mahasiswa tersebut juga ditenagai spesifikasi yang andal.

Baca juga: Spesifikasi Acer Aspire Vero

Layarnya begitu luas berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Aspek rasionya juga luas, begitupun dengan bezel yang tergolong ramping.

Kinerjanya ditopang oleh prosesor Intel Core i5 11th Gen, kartu grafis Intel Iris Xe yang terintegrasi, RAM 8 GB dual-channel, serta SSD 512 GB yang write dan read speed-nya yang cepat.

Acer Aspire Vero dijual dengan harga Rp10,9 jutaan aja, dan tampil dengan desain edisi spesial National Geographic.

HP Pavilion Aero 13

Pilihan laptop murah dan terbaik buat mahasiswa maupun pelajar adalah HP Pavilion Aero 13. Desainnya kompak, dimensinya juga ringkas. Cocok buat kalian yang gak mau ribet, karena mudah dibawa kemana-mana.

Layarnya berukuran 13,3 inci dengan resolusi 2,5K. Buat kalian yang sering ngerjain tugas di luar ruangan, taman sambil ngapel atau di kafe sekalian hangout bareng teman-teman, layarnya tetap kelihatan dengan jelas.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap HP Pavilion Aero 13

Performanya bakal terus ngegas karena ditopang oleh AMD Ryzen 5000 Series, tepatnya AMD Ryzen 7-5800U yang kencang. Dikombinasikan dengan RAM sampai 16 GB, memori SSD 512 GB, serta baterai berkapasitas besar yang tahan berjam-jam.

Harganya murah banget untuk laptop ringkas dan bertenaga, yakni Rp13 jutaan saja di toko online. Tertarik?

Itu dia rekomendasi laptop murah dan terbaik buat mahasiswa dan anak sekolah. Mana yang kalian pilih nih, Uzoners?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini