Digilife

Investasi Pabrik iPhone di India Ditambah Rp14 T, Buka 6 Ribu Lapangan Pekerjaan

  • 13 July 2020
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: ND TV)

    Uzone.id - Foxconn, salah satu mitra manufaktur Apple, bersiap untuk menggelontokan dana hingga USD1 miliar atau setara Rp14 triliun di India.

    Digelontorkannya duit sebanyak itu dari Foxconn untuk menambah kapasitas produksi sejumlah produk Apple, salah satunya adalah iPhone. Dengan investasi ini, Foxconn diperkirakan akan membuka 6 ribu lapangan pekerjaan baru.

    Baca juga: iPhone 12 Gak Dikasih Earpods dan Charger?

    Seperti dikutip dari Reuters, Senin (13/7), perluasan pabrik di dekat Sriperumbudur akan memakan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya.

    Apple meminta agar Foxconn mengalihkan sebagian produksi iPhone di luar China agar lebih fleksibel jika terjadi eskalasi konflik perdagangan AS-China, kata sumber tersebut.

    Baca juga: Apple Mungkin Hadirkan iPhone dengan Harga Murah


    Pabrik di bagian selatan India adalah tempat Foxconn membuat iPhone XR sekarang. Rencananya untuk model lain juga akan diproduksi di sana pasca ekspansi.

    Sekadar informasi, di India Apple menyumbang sekitar 1 persen penjualan smartphone di negara itu, yang menjadikannya pasar terbesar kedua di dunia. Dengan membangun lebih banyak ponsel di negara ini akan membantu Apple hemat pajak impor yang membuat harga iPhone jadi lebih terjangkau.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);