home ×
Gadget

iOS 15 dan iPadOS 15 Versi Beta Publik Dirilis, Begini Cara Pasangnya

01 July 2021 By
iOS 15 dan iPadOS 15 Versi Beta Publik Dirilis, Begini Cara Pasangnya
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Apple sudah memperkenalkan iOS 15 dan iPadOS 15 pada acaranya WWDC 2021 beberapa waktu lalu. Perusahaan ini memperkirakan bahwa versi lengkap dari OS mereka akan meluncur pada musim gugur.

Kali ini Apple memberi kejutan bagi para pengguna setianya dengan merilis versi beta pertama dari iOS 15 dan iPadOS 15 untuk publik. Pengguna iPhone maupun iPad sudah bisa mengunduh dan memasang sistem terbaru Apple ini.

Yang kalian butuhkan untuk menginstal OS ini adalah perangkat yang kompatibel  untuk menggunakan perangkat lunak yang mungkin tidak 100 persen berfungsi dengan baik. Versi beta ini bisa jadi mengalami beberapa bug dan error nantinya.

Pihak dari Apple menganggap bahwa ini adalah bagian dari program pengujian beta, yang beda dari beta sebelumnya adalah pengguna tak perlu akun khusus untuk menggunakan iOS 15 versi ini.

Baca juga: Apple Setop Produksi iPhone 12 Mini

Fitur-fitur baru akan dibawa oleh OS ini diantaranya fitur FaceTime baru yang bisa tersambung ke Android dan PC, serta upgrade iMessage yang bisa melacak tautan dan foto dari pengirim. Untuk iPad, perombakan ada pada layar beranda secara lengkap, serta upgrade kemampuan multitasking yang sangat ditunggu-tunggu.

Sebelum mendownload, alangkah baiknya pengguna melakukan back up iPad maupun iPhone pada komputer kalian. Langkah ini untuk mencegah jika kalian ingin kembali menggunakan iOS 14, karena setelah menginstall OS beta ini semua cadangan iCloud pada iOS 15 takkan bisa dipulihkan.

Dengan membuat cadangan di komputer, kalian masih bisa memulihkan file penting dari sistem sebelumnya.

Kalau begitu, mari kita simak proses mendownload dan menginstal Apple iOS 15 serta iPadOS 15 Beta untuk publik.

Cara Men-download iOS dan iPadOS 15 versi Beta Publik

Yang pertama, tentu mengakses situs dari Apple yang kadang overload, setelah masuk ke situs resmi Apple, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Daftarkan perangkat iPhone atau iPad kalian dengan mengunjungi lama program beta public. Kalian harus menggunakan web browser Safari untuk membuka halaman tersebut.

Bagi kalian yang pernah menggunakan beta publik versi sebelumnya, kalian bisa menggunakan ID Apple yang sama. Bagi pengguna baru, kalian bisa mengklik tombol Daftar/Sign Up kemudian ikuti petunjuk yang tertera.

Ingat, untuk menggunakan beta ini, kalian harus masuk dengan ID Apple yang sama dengan yang digunakan untuk iPhone atau iPad.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Uzone.id - Media Teknologi (@uzoneindonesia)

Setelah berhasil masuk, klik OS yang cocok dengan perangkat kalian. Misalnya, iOS untuk iPhone dan iPadOS untuk iPad.

Pada bagian Memulai/Get Started, kalian akan melihat tautan Daftarkan perangkat anda/Enroll your device, tekan tautan tersebut. Kemudian baca intruksi dari Apple yang mencakup saran untuk membuat cadangan perangkat sebelum melangkah lebih jauh lagi.

Setelah membuat back up dari perangkat kalian, install profil beta dengan mengetuk ikon berwarna biru dengan tulisan Download.

Langkah Menginstall iOS atau iPadOS 15

Setelah mendownload iOS atau iPadOS 15, buka aplikasi Pengaturan di perangkat kalian. Kemudian klik beta profil yang ada di bagian atas layar kalian.

Baca juga: 74 Persen Pengguna Apple Tolak Nama 'iPhone 13'

Kalian bakal dimintai persetujuan untuk memasang sistem operasi ini, dan setelah menyetujuinya kalian akan diminta untuk memuat ulang (restart) perangkat.

Setelah iPhone atau iPad kalian di reboot, kalian bisa menginstalnya seperti pembaruan software biasa dengan cara buka Pengaturan/Settings > Umum/General > Pembaruan Perangkat Lunak/Software Update.

Catatan penting yang harus diingat, pastikan kalian terhubung dengan koneksi yang stabil untuk proses yang cepat karena OS ini merupakan unduhan yang cukup besar. Alangkah baiknya juga untuk mencharge ponsel terlebih dulu agar tak kehabisan daya saat proses penginstalan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id