icon-category Gadget

iOS 16 Sudah Bisa Diinstal, Rilis iPadOS 16 Ditunda

Ilustrasi iPhone dengan iOS 16 (Foto: 9to5Mac)

Uzone.id - Rangkaian sistem operasi Apple, iOS 16, iPadOS 15.7, WatchOS 9, sampai tvOS 16 resmi digulirkan. Seluruh sistem operasi anyar tersebut sudah disebar secara serentak, pengguna pun tinggal memeriksa pembaruan, download via OTA (over the air) dan melakukan instalasi.

iOS 16 menjadi update yang paling ditunggu-tunggu oleh para fanboy Apple. Pantas saja, lantaran Apple pun menyebut kalau iOS 16 adalah update terbesar yang pernah dilakukan.

Ragam fitur dibawa ke sistem operasi ini. Salah satunya Lock Screen yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan personalisasi sesuai keinginan, baik itu memasang wallpaper atau live wallpaper, mengatur tampilan jam, dan sebagainya.

Baca juga: Fitur Baru di iOS 16

Widget turut diberikan kemampuan yang baru. Penggunaan bisa menyesuaikan widget yang muncul di bagian bawah informasi waktu, sehingga tak menutupi wallpaper yang telah diset pengguna.

Ada pula fitur Live Activities. Apple turut memberikan API fitur ini untuk pengembang aplikasi, sehingga pengguna dapat melihat berbagai notifikasi favorit secara real-time, misal live score pertandingan sepakbola, estimasi kapan makanan yang dipesan secara online akan tiba, dan sebagainya.

Bagi pengguna yang tak mendapatkan update ke iOS 16, Apple masih memberikan pembaruan iOS 15.7 dengan sejumlah patch keamanan di beberapa aplikasi, seperti Safari, Maps, Contacts, WebKit san sebagainya.

Update iPadOS 15.7 Disebar, iPadOS 16 ditunda

Cukup disayangkan, Apple justru tak menggulirkan update ke iPadOS 16. Penyebab ditundanya pembaruan ini karena Apple masih harus menyelesaikan beberapa isu terkait fitur Stage Manager.

Sekadar informasi, Stage Manager jadi fitur utama dari iPadOS 16. Fitur ini tersedia eksklusif di perangkat iPad Pro dan iPad Air yang ditenagai prosesor Apple M1. 

Fitur ini mengedepankan pengalaman multi-tasking bagi pengguna, lantaran mampu mengatur jendela aplikasi secara otomatis, sehingga pengguna bisa lebih cepat dan mudah untuk beralih antar tugas atau aplikasi.

Pengguna iPad juga dapat membuat jendela aplikasi saling tumpang tindih dengan ukuran berbeda dalam satu tampilan, menyeret dan melepas jendela dari samping atau membuka aplikasi dari Dock untuk membuat grup aplikasi yang lebih cepat dan fleksibel.

Baca juga: Fitur-fitur di iPadOS 16

Apabila pengguna sedang fokus dengan satu aplikasi, Stage Manager akan menampilkannya di tengah dengan jelas. Sedangkan aplikasi lainnya akan diatur di sisi kiri dalam urutan yang lebih rapi.

Sebagai gantinya, Apple menghadirkan iPadOS 15.7 dengan patch keamanan yang sama dengan iOS 15.7. Bisa jadi, perangkat iPad yang mendukung bakal mendapatkan pembaruan ini di bulan depan dan langsung ke versi iPadOS 16.1.

WatchOS 9 dan tvOS 16 bawa kemampuan baru

 

Di saat yang sama, WatchOS 9 terbaru untuk Apple Watch Series 4 ke atas turut disebar. Fitur ini membawa ragam watch faces, notifikasi yanh didesain ulang, fitur sleep tracking dan aplikasi Medications untuk memantau kebiasaan pengguna dalam mengonsumsi obat-obatan.

Juga, Apple memberikan fitur kustomisasi workout atau latihan kepada pengguna melalui aplikasi Workout.

Baca juga: Daftar Gadget Apple yang Dapat iPadOS 16, WatchOS 9 dan MacOS Ventura

Sesuai kebiasaan Apple, sistem operasi baru untuk Apple TV pun diberikan. tvOS 16, demikian Apple menamainya, menghadirkan dukungan untuk kontroler konsol Nintendo Joy-Cons dan Nintendo Pro Controller.

Semua pembaruan ini seharusnya sudah bisa kalian download dan install secara otomatis. Kalau belum mendapatkannya, coba cek secara manual perangkat kalian melalui menu system update.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini