icon-category Digilife

Fitur Baru iPadOS 16: Kolaborasi Kian Mudah, Kerja Makin Produktif

Uzone.id - Bukan cuma iOS 16 saja untuk iPhone, Apple juga memperkenalkan update iPadOS 16 dengan tampilan yang nyaris serupa. Perbedaan signifikan yang dibawa iPadOS 16 terletak pada user experience dan fiturnya yang disesuaikan untuk perangkat iPad berlayar lebih luas untuk kepentingan multi-tasking.

Salah satunya adalah Stage Manager yang tersedia eksklusif di perangkat iPad Pro dan iPad Air yang ditenagai prosesor Apple M1. Fitur ini mengedepankan pengalaman multi-tasking bagi pengguna.

Stage Manager mampu mengatur jendela aplikasi secara otomatis, sehingga pengguna bisa lebih cepat dan mudah untuk beralih antar tugas atau aplikasi.

Untuk pertama kalinya, pengguna iPad juga dapat membuat jendela aplikasi saling tumpang tindih dengan ukuran berbeda dalam satu tampilan, menyeret dan melepas jendela dari samping, atau membuka aplikasi dari Dock untuk membuat grup aplikasi yang lebih cepat dan fleksibel.

Baca juga: Fitur Baru di iOS 16

Apabila pengguna sedang fokus dengan satu aplikasi, Stage Manager akan menampilkannya di tengah dengan jelas. Sedangkan aplikasi lainnya akan diatur di sisi kiri dalam urutan yang lebih rapi.

Hanya berfungsi maksimal pada iPad bertenaga Apple M1, Apple juga membuka dukungan layar eksternal full-screen hingga resolusi 6K. Berkat kencangnya Apple M1 dan pintarnya Stage Manager, iPad dapat membuka masing-masing sebanyak empat aplikasi bersamaan di layar utama atau eksternal

Bukan hanya Stage Manager saja, berikut ini beberapa fitur baru yang bisa Anda rasakan setelah perangkat iPad mendapatkan update ke iPadOS 16.

1. Kolaborasi Antar Aplikasi

iPadOS 16 begitu menekankan fitur kolaborasi atau integrasi antar aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. Messages misalnya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola konten dan berkolaborasi dengan aplikasi File, Keynote, Numbers, Pages, Notes, Reminders, Safari, dan aplikasi pihak ketiga.

Contoh kasus, saat pengguna mengirim undangan untuk berkolaborasi via Messages, maka semua orang yang mendapatkannya secara otomatis ditambahkan ke dokumen, spreadsheet, atau proyek yang sedang dikerjakan.

Saat seseorang membuat perubahan, maka dokumen yang baru dapat dilihat secara langsung melalui update yang tampil dalam utas di Messages. Ketika pengguna tengah mengerjakan proyek kolaboratif, mereka dapat dengan mudah beralih ke pesan terkait atau melakukan panggilan FaceTime dengan rekan kerja mereka.

Seperti iOS 16, Messages di iPadOS 16 juga memungkinkan pengguna untuk nonton dan mendengar musik bersama, selagi chatting-an dengan teman-teman.

Baca juga: Apple Pamer iOS 16 dan MacOS Ventura

2. Freeform

Freeform adalah aplikasi kolaborasi baru yang menawarkan “kanvas fleksibel” dan mendukung penuh Apple Pencil. Dengan Freeform, pengguna diberikan kemampuan untuk melihat, berbagi, dan berkolaborasi di satu tempat tanpa mengkhawatirkan tata letak dan ukuran halamannya.

Freeform juga dapat diintegrasikan dengan FaceTime, sehingga pengguna dapat melihat secara langsung masukan atau tambahan dari orang lain ke kanvas ini sembari melakukan sesi video call.

3. Kemampuan Baru Mail

Aplikasi Mail kini kemampuan baru yang membuat pengguna bisa membatalkan pengiriman pesan sebelum mencapai kotak masuk penerima. Mail pun dapat menjadwalkan pengiriman email agar dikirim dalam waktu yang tepat.

Kalau ada pesan masuk yang terlewat, Mail punya fitur Remind Later untuk memberitahu pesan yang mungkin saja penting dan harus direspon dengan cepat.

Kemampuan lainnya, Mail bisa mengoreksi typo, mengenali sinonim untuk istilah yang dicari, dan memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan kontan dengan lebih jelas.

Baca juga: Apple M2 Dilengkapi 20 Miliar Transistor

4. Reference Mode & Display Zoom

iPadOS 16 menghadirkan fitur-fitur canggih bagi para kreator konten profesional. Salah satu di antaranya adalah Reference Mode yang memungkinkan iPad Pro 12,9 inci dengan layar Liquid Retina XDR agar menampilkan akurasi warna yang tepat dan kualitas gambar yang konsisten.

Reference Mode sangat penting untuk beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan persyaratan akurasi warna, seperti review, editing, persetujuan proyek, penilaian warna, dan sebagainya.

Ada pula fitur Display Zoom yang membuat pengguna bisa meningkatkan kerapatan piksel layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menampilkan lebih banyak aplikasi dalam satu waktu menggunakan Split View.

5. Virtual Memory Swap

Seperti ponsel Android, RAM iPad dengan iPadOS 16 dapat ditambah secara virtual sampai 16 GB. Fitur ini menggunakan sebagian kecil memori penyimpanan untuk membantu perangkat membuka lebih banyak aplikasi dan memudahkan pengguna saat multi-tasking.

Baca juga: Harga MacBook Air Terbaru Cuma Rp 17 Juta

iPadOS 16 sudah tersedia dalam bentuk Developer Preview yang bisa didapat pada Apple Developer Program. Adapun untuk Public Beta, pengguna bisa mencobanya di bulan depan.

Update iPadOS 16 akan digulirkan untuk iPad generasi kelima hingga terbaru, iPad Mini seri kelima ke atas, dan iPad Air generasi ketiga dan terbaru pada musim gugur nanti.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini