icon-category Gadget

iPhone 14 Pro Lewat! Kamera Google Pixel 7 Pro Terbaik Sedunia

Uzone.id - Sesuai prediksi, Google Pixel 7 Pro langsung memimpin klasemen smartphone dengan kamera terbaik di dunia versi DxOMark. Smartphone terbaru Google itu melewati Honor Magic4 Ultimate yang juga meraih skor 147 poin.

Google Pixel 7 Pro memang membawa peningkatan kamera yang signifikan, baik secara hardware dan juga software. Pada teknologi pencitraannya, Google benar-benar memanfaatkan teknologi machine learning yang lebih advanced pada prosesor Google Tensor G2. 

DxOMark mencatat, upgrade hardware dan software ini membuat kamera Google Pixel 7 Pro punya kemampuan untuk mengambil foto jarak jauh dengan detail yang lebih baik dari smartphone lainnya.

Untuk diketahui, Pixel 7 Pro mengusung fitur Super Res Zoom yang memanfaatkan kamera telephoto 48 MP dengan kemampuan 5x optical-zoom. Walau jenis lensanya bukan periskop, tapi kamera ini memungkinkan pengguna mengambil foto dengan perbesaran sebanyak 30x.

Super Res Zoom menghasilkan foto dengan lebih banyak detail dalam sekali bidikan. Hal ini juga yang membuat Google Pixel 7 Pro diapresiasi penuh oleh tim DxOMark.

Selain itu, autofokus yang cepat dan akurat, serta dikombinasikan dengan pelacakan wajah yang mumpuni, membuat kamera ini dapat mengambil foto grup dan subjek yang bergerak dengan kualitas yang tinggi.

Tak cuma foto, kemampuan kamera Google Pixel 7 Pro dalam merekam video juga menjadi membuatnya meraih skor 143 poin dalam pengujian video. Hasil gambarnya memiliki eksposur yang baik dengan rentang dinamis lebar yang menghasilkan detail bayangan menakjubkan. 

Warnanya pun bagus dengan kontras yang tinggi. Selain itu, autofokus saat perekaman video juga telah disempurnakan dan lebih akurat dibandingkan seri sebelumnya.

Cuma, DxOmark mencatat kalau video yang direkam dalam kondisi low-light cenderung kurang terekspos, kehilangan beberapa detail dan noise yang muncul ketika melakukan zooming. Makanya, skor pada pengujian ini masih kalah dibanding iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: Gak Perlu Periskop, Kamera Google Pixel 7 Pro Hasilnya Goks!

Gak cuma kamera belakang, kamera depan juga mendapatkan penilaian yang patut untuk dibanggakan. Menurut DxOMark, kamera selfie Google Pixel 7 Pro memberikan foto dan video dengan hasil yang terlihat alami dan eksposur yang akurat.

Namun, melakukan swafoto dari dekat membuat foto yang dihasilkan tampak tidak fokus. Apalagi ketika memotret dalam kondisi low-light, ada noise di beberapa spot foto yang bikin kualitasnya menurun.

10 besar smartphone dengan kamera terbaik di dunia

Google Pixel 7 Pro memimpin daftar smartphone dengan kamera paling oke sejagat. Skornya 147 poin, sama dengan Honor Magic4 Ultimate yang berada di posisi kedua. 

Smartphone flagship besutan Honor itu mengusung konfigurasi kamera super lengkap. Total, ada lima kamera belakang yang dibawanya.

Masing-masing adalah kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 64 MP, kamera 64 MP dengan lensa periskop dan sudah didukung OIS (optical image stabilization), kamera 50 MP wide dan sensor 3D ToF untuk mengambil foto bokeh.

Baca juga: Spesifikasi Google Pixel 7 Pro, Makin Pintar dan Lebih Aman

Posisi 3 sampai 5 besar, diisi oleh iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro dengan skor sama persis 146 poin, serta Huawei P50 Pro yang cukup tertinggal dengan nilai 143 poin.

Berurutan dari posisi ke-6 sampai ke-10, ada iPhone 13 Pro (141 poin), iPhone 13 Pro Max (141 poin), Xiaomi Mi 11 Ultra (141 poin), Huawei Mate 40 Pro+ (139 poin) dan Xiaomi 12S Ultra (136 poin) dengan kamera Zeiss-nya.

Spesifikasi kamera Google Pixel 7 Pro

Spesifikasi kamera Google Pixel 7 Pro berbeda dengan Pixel 7 standar. Untuk kamera utamanya memang serupa, 50 MP dengan skema pengambilan gambar 4-in-1 pixel binning atau Quad Bayer dengan keluaran foto 12,5 MP.

Kamera ini juga didukung oleh OIS dan EIS (electronic image stabilization). Google mengatakan, kamera ponsel terbarunya dapat merekam video dengan resolusi sampai 4K pada 60 FPS.

Kamera utamanya juga mampu merekam video 10-bit HDR. Buat penyuka video portrait, Google turut menggandeng Snapchat dan TikTok untuk memudahkan pengguna mengunggah video dengan kualitas tinggi ke dalam platform.

Kamera tersebut dipasangkan dengan lensa ultrawide 12 MP yang punya kemampuan autofocus. Dengan fitur ini, pengguna bisa memotret makro dengan kualitas yang lebih baik. Ditambah, ada kamera tele 48 MP yang punya kemampuan optical-zoom sampai 5 kali. 

Sementara di depan, kameranya 10,8MP. Dengan machine learning yang lebih jago, kamera depan smartphone ini bisa digunakan untuk membuka kunci layar berdasarkan face recognition.

Baca juga: Face Unlock Google Pixel 7 Gak Seaman yang Dibayangkan

Cuma dari kabar baru-baru ini, face recognition di Google Pixel 7 Pro tak cukup aman untuk menjadi faktor otentikasi saat melakukan pembayaran digital. 

Fitur kamera lainnya di smartphone ini seperti Magic Eraser, Motion Mode, Photo unblur, hingga Real Tone yang jadi fitur kamera andalan dari Google Pixel 7 Pro.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini