icon-category Gadget

Spesifikasi Google Pixel 7 Pro, Makin Pintar dan Lebih Aman

Uzone.id - Google Pixel 7 Pro merupakan smartphone paling advanced yang dibuat Google sampai sekarang. Bagaimana tidak, selain punya chip Tensor G2 yang dirancang Google sendiri, Pixel 7 Pro juga membawa peningkatan spesifikasi kamera dan fitur yang lebih mumpuni ketimbang generasi sebelumnya.

Senior VP Core Systems Google, Jen Fitzpatrick, bahkan sampai menyebut kalau Google Pixel 7 Pro adalah ponsel paling aman yang pernah dibuat oleh Google.

Klaim tersebut beralasan, lantaran smartphone ini ditenagai Google Tensor G2 yang didukung oleh chip Titan M2. 

Chip tersebut memberikan lapisan keamanan berlapis untuk data-data penting pengguna di smartphone, apalagi ditambah dengan jaminan update sistem keamanan selama 5 tahun ke depan. 

Baca juga: Harga Masih Sama, Google Pixel 7 Debut dengan Chip Tensor G2

Dengan Tensor G2, Pixel 7 Pro juga jadi smartphone dengan machine learning yang canggih. Google mengatakan, kemampuan machine learning-nya lebih cepat 60 persen dengan efisiensi daya 20 persen lebih rendah.

RAM dari Google Pixel 7 Pro lebih besar, juga dengan kapasitas memori penyimpanan yang lebih luas. RAM-nya 12 GB berjenis LPDDR5 dengan memori penyimpanan 128 GB/ 256 GB/ 512 GB. 

Tak ada dukungan microSD. Slot SIM fisiknya pun hanya satu saja, sementara untuk SIM sekundernya menggunakan teknologi eSIM.

Layar melengkung yang lebih luas

Google Pixel 7 Pro tampil lebih baik dari Pixel 7 standar. Layarnya lebih besar dengan lengkungan di tepiannya. 

Layarnya berjenis LTPO AMOLED berukuran 6,71 inci dan sudah beresolusi QHD+ yang super detail dan vivid. Layar ini punya kerapatan piksel lebih tinggi, mencapai 512 PPI.

Intensitas cahayanya pun mencapai 1.500 nits, sehingga masih sangat jelas kalau dipakai di luar ruangan dengan sinar matahari yang terik. Tentu saja sudah mendukung HDR dan Always-on Display dengan Glance khas Google.

Layarnya juga mendukung refresh rate adaptif, 10Hz sampai 120Hz. Layarnya juga sudah dilapisi oleh Gorilla Glass Victus yang tahan gores.

Konfigurasi kamera lebih lengkap

Spesifikasi kamera Google Pixel 7 Pro berbeda dengan Pixel 7 standar. Untuk kamera utamanya memang serupa, 50MP dengan skema pengambilan gambar 4-in-1 pixel binning atau Quad Bayer dengan keluaran foto 12,5MP.

Kamera ini juga didukung oleh OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization). Google mengatakan, kamera ini dapat merekam video dengan resolusi sampai 4K pada 60 FPS.

Kamera utamanya pun dapat merekam video 10-bit HDR. Buat penyuka video portrait, Google turut menggandeng Snapchat dan TikTok untuk memudahkan pengguna mengunggah video dengan kualitas tinggi ke dalam platform.

Kamera tersebut dipasangkan dengan lensa ultrawide 12MP yang punya kemampuan autofocus. Dengan fitur ini, pengguna bisa memotret macro dengan kualitas yang lebih baik.

Satu kamera yang tidak dihadirkan pada Pixel 7 standar, yakni telephoto. Kamera 48MP ini punya kemampuan optical-zoom sampai 5 kali. 

Baca juga: Segini Doang Skor Benchmark Google Pixel 7 Pro?

Sementara di depan, kameranya 10,8MP. Dengan machine learning yang lebih jago, kamera depan smartphone ini bisa digunakan untuk membuka kunci layar berdasarkan face recognition

Fitur kamera lainnya di smartphone ini seperti Magic Eraser, Motion Mode, Photo unblur, hingga Real Tone yang jadi fitur kamera andalan dari Google Pixel 7 Pro.

Fitur lainnya dan harga Google Pixel 7 Pro

Google Pixel 7 Pro ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dan bisa diisi dayanya dalam waktu singkat berkat teknologi fast charging 23W. Smartphone ini juga mendukung wireless dan reverse wireless charging.

Kemudian, Google Pixel 7 Pro telah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu. Juga, koneksi 5G Sub 6 GHz, WiFi 6E, sampai speaker stereo dengan 3 mikrofon. 

Google Pixel 7 Pro dijual mulai USD899 atau Rp13,6 jutaan. Ponsel ini tersedia dalam warna Obsidian, Snow dan Hazel. Penjualan secara pre-order sudah bisa dilakukan melalui situs resmi Google Store di beberapa negara.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini