icon-category Gadget

iPhone 15 Series Meluncur 13 September?

Uzone.id - Setidaknya kurang lebih dua bulan lagi peluncuran iPhone 15 Series akan terjadi. Dari informasi ‘orang dalam’, Apple telah menetapkan tanggal peluncuran iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, yakni 13 September 2023 mendatang.

Menurut sumber terpercaya kepada 9to5Mac, karyawan operator seluler yang terkait dengan Apple diminta untuk tidak mengambil hari libur pada 13 September mendatang. Alasannya, di tanggal tersebut ada pengumuman smartphone terbaru yang dinanti-nantikan.

Memang catatan yang diberikan operator kepada karyawannya tidak secara langsung menyebutkan Apple, tapi sudah jadi tradisi bagi raksasa Cupertino itu mengadakan acara peluncuran iPhone di bulan September.

Kalau informasi ini valid, maka diperkirakan pre-order iPhone generasi terbaru akan dimulai pada 15 September, sementara penjualan perdananya dilakukan pada 22 September mendatang.

Terkait penjualan perdana, Apple lagi-lagi akan terkendala soal pasokan. Seperti seri-seri sebelumnya dimana selalu ada varian iPhone mengalami penundaan perilisan, iPhone 15 Series pun bakal menghadapi masalah serupa.

Dari laporan sebelumnya, berdasarkan catatan untuk investor yang dipublikasi Wamsi Mohan, analis sekuritas global dari Bank of America, rilis iPhone 15 Series mungkin akan mundur hingga beberapa pekan, setidaknya hingga awal Oktober mendatang.

Mohan memang tak menyebutkan alasan penundaan dengan jelas. Tapi dari laporan The Information, salah satu penyebabnya adalah produksi layar untuk iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max yang masih mengalami kendala.

Desain layar iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max dengan bezel yang jauh lebih tipis ternyata bikin pemasok seperti LG Display kesulitan untuk memproduksi panel layar yang pas.

Namun, Apple punya backup lainnya dari Samsung Display. Pabrikan asal Korea Selatan itu tidak mengalami masalah yang sama. 

Tapi, selain masalah layar, kemungkinan penyebab lainnya adalah prosesor Apple A17 Bionic terbaru. Produksi chipset canggih dan kencang tersebut mengalami sejumlah masalah teknis, membuat produksinya menjadi lebih lambat.

Selain layar dan chipset, sejumlah masalah lain juga dihadapi oleh Apple, seperti baterai dan desain.

Spesifikasi naik, harga lebih mahal

Banyak perubahan yang dihadirkan Apple pada smartphone barunya, terutama pada varian Pro dan Pro Max. Kabarnya, kedua smartphone ini akan dibuat menggunakan material titanium untuk kali pertama.

Selain itu, panel layar berteknologi low-injection pressure overmolding atau LIPO juga turut disematkan. Inovasi ini memperkecil ukuran bezel di sekeliling layar menjadi 1,5 mm saja, atau 0,7 mm lebih tipis dari seri sebelumnya.

alt-img

Kedua iPhone ini juga ditenagai prosesor Apple A17 Bionic yang digadang-gadang jadi chipset mobile paling kencang saat diluncurkan nanti.

Apalagi di sisi kamera, iPhone 15 Pro Max yang jadi versi tertinggi, akan jadi seri iPhone pertama dengan kamera periskop. Kamera ini punya kemampuan 6x optical-zoom.

Juga, iPhone 15 Series sudah meninggalkan port Lightning dan beralih ke USB-C untuk memenuhi permintaan Uni Eropa.

Namun selain spesifikasi yang makin baik, harganya juga dibikin naik. Rumornya, harga iPhone 15 Pro lebih tinggi USD100 atau Rp1,5 jutaan dibanding iPhone 14 Pro. Sedangkan iPhone 15 Pro Max lebih mahal USD200 atau Rp3 jutaan dibandingkan seri tahun lalu.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini