icon-category Gadget

iPhone dengan USB-C Lagi Diuji, Sebuah Harapan (Palsu) dari Apple?

  • 15 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Ehimetalor Akhere / Unsplash)

    Uzone.id - Setelah kurang lebih satu dekade menyertakan port Lightning di semua perangkat iPhone, Apple dilaporkan mempertimbangkan untuk menjatuhkan pilihannya ke port USB-C.

    Seperti dikutip Uzone.id dari Bloomberg, Minggu (15/5), sumber mereka mengklaim perusahaan yang berbasis di Cupertino itu sekarang sedang menguji unit iPhone yang menukar port Lightning ke USB-C.

    Tapi jangan berharap untuk melihat peralihan di jajaran iPhone dengan port USB-C di tahun ini. Sebab itu membutuhkan waktu yang agak lama, setidaknya sampai tahun depan.

    Baca juga: Eropa Paksa iPhone Pakai USB-C

    “Perpindahan iPhone dari port lightning ke USB-C kemungkinan tidak akan terjadi paling cepat sampai 2023", ujar sumber di Bloomberg itu.

    Laporan tersebut mengikuti tweet analis Apple yang andal Ming-Chi Kuo minggu ini yang mengindikasikan Apple akan menggunakan USB-C di iPhone milikinya pada paruh kedua tahun 2023, yang mungkin ketika jajaran iPhone tahun itu akan dirilis.

    Sebetulnya Apple menggunakan port USB-C ke produknya bukan sesuatu yang baru, karena iPad Pro, iPad Air generasi 4 dan 5, serta iPad Mini 6 sudah memakai fitur tersebut.

    Baca juga: Menebak Harga iPhone 14

    Namun memang mengejutkan karena butuh waktu lama bagi Apple memanfaatkan USB-C ke lini iPhone mereka.

    Banyak yang menduga apa dilakukan oleh Apple ini merupakan proposal dari eropa, sekita bulan September 2021 lalu.

    Saat itu, Komisi Uni Eropa telah mengumumkan sebuah rencana untuk memaksa semua smartphone dan produsen elektronik menggunakan port pengisian USB-C sebagai standar umum.

    Jika Parlemen Eropa menyetujui proposal ini, produsen akan memiliki waktu 24 bulan untuk mematuhi aturan baru tersebut. Itu memberi Apple banyak waktu untuk membuat iPhone tanpa port jika ingin menghindari USB-C sama sekali.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini