icon-category Digilife

Jack Dorsey Diam-diam Bikin Medsos Baru, Mau Saingi Twitter?

  • 02 Nov 2022 WIB
Bagikan :
foto: Jack Dorsey/WIRED

Uzone.id - Mantan bos sekaligus pendiri Twitter Jack Dorsey sedang mengerjakan platform media sosial terbarunya dengan nama Bluesky. 

Ternyata, Bluesky ini telah dirancang oleh Dorsey saat ia masih menjabat sebagai CEO Twitter. Dilansir dari CNBC TV18, Bluesky ini sudah mendapat lebih dari 30 ribu pendaftar dalam waktu 2 hari saja.

Alhasil, dengan cepat Bluesky disebut sebagai alternatif dan kemungkinan menjadi pengguna Twitter. 

Warganet Twitter memang agak skeptis dengan Elon Musk, pasalnya baru beberapa hari menjabat, Musk telah membeberkan rencana-rencana yang tidak disetujui oleh kebanyakan warganet.

Salah satunya, rencana menagih Rp300 ribu pada akun pemilik centang biru dengan cara berlangganan ke Twitter Blue.

Lalu apa itu Bluesky?

Bluesky sendiri belum diluncurkan secara resmi ke publik, berdasarkan keterangan perusahaan, Bluesky akan menjadi ruang terbuka untuk menampung percakapan publik.

Ternyata, Bluesky ini dibuat sebagai solusi atas kegagalan Twitter dimana platform tersebut dituduh melakukan penyelewengan data, informasi yang salah, dan campur tangan pemilu.

Setelah dikembangkan sepenuhnya, Bluesky memungkinkan jaringan media sosial untuk berinteraksi satu sama lain melalui standar terbuka, walaupun tiap jaringannya punya sistem kurasi dan moderasi sendiri.

Baca juga: 5 Rencana Aneh Elon Musk Untuk Twitter

Belum tahu bagaimana wujud dari Bluesky ini nantinya, namun yang ingin dihadirkan oleh Bluesky adalah protokol ‘terdesentralisasi’ untuk media sosial.

Platform ini memungkinkan perusahaan atau individu untuk membangun aplikasi, layanan, atau algoritme rekomendasi pada jaringan dan data dasar yang sama. Contohnya mirip dengan kinerja email, kalian bisa mengirim email ke seseorang yang menggunakan layanan email berbeda, namun tetap yakin kalau pesan dan email kalian telah terkirim.

Dilansir dari People, Jack Dorsey saat ini sedang mencari penguji beta atau beta tester untuk aplikasi Bluesky. Bluesky juga membagikan link untuk mendaftar ke daftar antrian uji coba beta, yang mana saat ini sudah sekitar 30 ribu lebih yang mendaftar.

Bluesky sudah memiliki akun Twitter nya sendiri dengan followers mencapai 157 ribu lebih. Di akun tersebut, Bluesky mengajak pengguna untuk menjadi bagian dalam percobaan beta platform tersebut.

Nah, banyak yang masih bingung dengan kehadiran aplikasi terbaru Jack Dorsey ini, namun kehadiran Bluesky ditengah ramainya huru-hara Twitter membuat orang ingin segera mengetahui bagaimana cara kerja Bluesky dan berharap bisa ‘hijrah’ ke platform tersebut.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini