icon-category Digilife

Jadi Fitur Baru di Google Lens, AR Translate Secanggih Apa?

  • 30 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Google baru saja memperkenalkan fitur terbarunya bernama AR Translate yang menjadi bagian dari pembaruan Google Lens.

    AR Translate merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menerjemahkan teks/gambar menggunakan Artificial Intelligence (AI). Yup, tidak hanya teks saja yang bisa diterjemahkan, tetapi gambar atau poster juga bisa.

    Fitur ini menjadi inovasi yang cukup panjang bagi Google. Pasalnya, Google telah mengoptimalkan model pembelajaran mesin sehingga AR Translate dapat bekerja dalam 100 milidetik.

    Baca juga: Bos Google: Banyak Uang Belum Tentu Happy

    Teknologi kecepatan ini hampir sama dengan yang digunakan Google untuk Magic Eraser dalam menerjemahkan tangkapan layar (screenshot) atau poster dengan kamera secara langsung.

    Jika saat ini ketika kita akan menerjemahkan teks di Google Lens, maka akan muncul blok berwarna untuk menandai teks mana yang akan diterjemahkan.

    Namun, di fitur AR Translate terbaru ini tidak akan muncul blok berwarna tersebut dan hanya menukar teks langsung untuk membuat gambar yang diterjemahkan terlihat seolah-olah foto asli.

    Baca juga: Bocoran Kamera Google Pixel 7, Gak Di-upgrade?

    Tak hanya sampai di situ, AR Translate juga menawarkan kemampuan menerjemahkan poster atau gambar yang mereka lihat di museum, kebun binatang, atau objek wisata lainnya. Bahkan ke depannya, pengguna juga bisa menerjemahkan rambu lalu lintas di jalan dengan cepat.

    Rencananya, fitur AR Translate akan diluncurkan di aplikasi Google pada akhir tahun mendatang. Kita tunggu saja ya.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini