home ×
Telco

Jajal Akses RuangGuru Pakai Paket Gratisan Telkomsel

18 March 2020 By
Jajal Akses RuangGuru Pakai Paket Gratisan Telkomsel
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Wabah Covid-19 yang sudah menginfeksi sebagian warga di Indonesia membuat semua orang harus mau bekerja dan belajar serta beribadah di rumah. Telkomsel sudah memberikan akses gratis untuk belajar secara online, dan Ruangguru pun sudah menggratiskan materi yang ada di platform tersebut. Seberapa gratisnya akses data dari Telkomsel tersebut?

Uzone mencoba mengambil paket gratisan akses Ruangguru yang sudah diberikan sejak kemarin. Hari ini baru sempat diaktifkan. Ternyata yang dimaksud gratis, bukan semerta-merta gratis, melainkan subsidi kuota dari Telkomsel.

telkomsel-ruangguru-kuota

Saat masuk ke aplikasi MyTelkomsel, sudah ada kotak promo sendiri terkait dengan gratisan Ruangguru ini. Tinggal klik saja kotak promo tersebut. Kemudian akan tampil keterangan 'Bebas Akses Ruangguru' dengan subsidi 30GB. Di bawahnya ada lagi tulisan 'Rp 0' yang mengindikasikan 30GB tersebut tidak akan dibebankan ke pulsa pelanggan alias gratis.

Baca juga: Dr. Handoko Gunawan Masuk ICU, Netizen Doakan Cepat Sembuh

Nah, dari sini kita harus bisa memperhitungkan. Jika kuota yang diberikan sebanyak 30GB, itu berlaku selama 30 hari. Artinya, kalau ingin berhemat, kamu bisa gunakan 1GB kuota setiap harinya.

Nantinya, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran, apakah melalui LinkAja atau pulsa yang ada. Pilih saja salah satu, toh pulsa atau LinkAja kamu tak berkurang karena memang gratis.

Setelah itu, kamu bisa akses langsung ke aplikasi Ruangguru, buat yang sudah punya aplikasinya. Sayangnya, Uzone belum pernah memiliki aplikasi Ruangguru sehingga usai membeli paket Telkomsel yang gratis itu, kita mencoba untuk mendownload aplikasi di PlayStore.

Baca juga: Kerja di Rumah di Tengah Corona, Bisa Manfaatkan 4 Layanan Digital Telkom Ini

Entah kenapa, kami tidak bisa mendownload aplikasi Ruangguru di Google PlayStore. Terdapat notifikasi 'Terjadi Kesalahan. Coba Lagi'.

Oleh karena itu, kami mencoba mendownload aplikasi desktop. Kami buka web Ruangguru dan mengambil apk-nya untuk didownload di laptop. Ternyata bisa. Saat mendaftar sampai selesai dan memilih kelas, kuota yang terpakai hanya 0,01GB. Jadi masih tersisa, 29,99GB.

Untuk menonton satu video tutorial di Ruangguru dengan durasi lebih dari 4 menit, ternyata menghabiskan hanya 0,05GB. Kebayang kan kalau kamu hanya menggunakan latihan soal yang isinya teks semua?

Sayangnya, meskipun kuotanya gratis, namun dari 10 bank soal yang ada di masing-masing pelajaran, hanya 1 yang bisa digunakan untuk latihan. Sisanya, tetap kamu harus berlangganan dulu.

Tetap saja kita harus berterima kasih karena akses belajar yang dibuka di layanan ini lebih banyak ketimbang sebelumnya.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Pradana 22 April 2020 | 04:23:11

sudahlah nikmati aja yang mau menikmati

DimasHardstyle 16 April 2020 | 11:52:45

Telkomsel memberikan Promo Gratis Akses untuk Ruangguru supaya pelajar bisa belajar di aplikasi itu

DHStyle 14 April 2020 | 11:42:16

sayangnya hanya untuk akses ruang guru tapi ujung nya bayar

May Umi 22 March 2020 | 21:21:10

sangat bermanfaat bagi para pelajar

Miskin aman 19 March 2020 | 11:07:30

akses nya lumayan cepat dan gratis pula

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id