icon-category Auto

Jajal Handling Mitsubishi Xpander Cross, The Taste of SUV Rally Car

  • 25 Aug 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.idPernah membayangkan menyetir mobil rally, tapi dengan wujud low SUV yang bisa muat 7 penumpang dengan nyaman? Gak usah dibayangin, cobain dulu deh Mitsubishi Xpander Cross.

Itu kesan pertama kami setelah mencoba versi terbaru dari low SUV andalan Mitsubishi ini.

Setelah sempat dipamerkan di GIIAS 2022, Mitsubishi langsung mengajak media untuk merasakan langsung ubahan yang mereka suguhkan pada Mitsubishi Xpander Cross.

Baca juga: Mengenal Fitur AYC di Mitsubishi Xpander Cross Facelift

Selain tampangnya dan penambahan sejumlah fitur, Mitsubishi juga sudah melakukan penyempurnaan dari sisi spesifikasi teknis, yang tujuannya semakin membuat mobil ini aman dan nyaman saat di kemudikan.

Salah satu yang paling mencolok adalah teknologi AYC alias Active Yaw Control. Sebuah teknologi yang sebelumnya ada di mobil rally Mitsubishi Lancer EVO.

Apa itu AYC? Ini merupakan singkatan dari Active Yaw Control. Fitur ini diklaim dapat meningkatkan keselamatan berkendara karena memungkinkan mobil menikung dengan stabil.

AYC meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin. 

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. 

Bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

Dan bagaimana teknologi di mobil rally tersebut ketika di terapkan pada sebuah low SUV untuk keluarga?

Nah, sebuah lintasan buatan di Indonesian Safety Driving Center di Serpong, Tangsel menjadi pembuktian bagaimana handling dan performa Mitsubishi Xpander Cross terbaru ini.

Pertama kami disuguhkan lintasan lurus dan panjang. Disini, kami bisa menjajal akselarasi dari mesin MIVEC 1500cc dengan transmisi CVT-nya. 

Bertenaga 104 Hp dan torsinya 141 Nm, sama sekali gak kesulitan untuk memngajak bodi SUV-nya ini bergerak. Kami merasakan tenaga terisi dan mesin tidak meraung ekstrem. Semoga ini bukan karena mobilnya masih baru ya.

Setelah berakselrasai, kami merasakan feeling pengereman yang cukup responsif dan presisi, juga tidak membuat mobil oleng. 

Setel;ah itu, lintasan memaksa kami untuk bermanuver di tempat yang sempit dan disini kami terkejut! Mitsubishi Xpander Cross seolah nurut mau diajak apa aja sesuai kemauan pengemudi.

Bermodalkan setir baru kepunyaan Pajero Sport dengan diameter lebih besar, membuat pengendalian setir jadi lebih ringan dan terasa presisi.

Kemudian, tantangan selanjutnya adalah melewati cone untuk melaju zig-zag. Disini juga kami sangat puas dengan handlingnya yang seolah bukan seperti sebuah SUV dengan ground clearence 220 mm. Mobil ini nurut di tekuk-tekuk bro!

Nah, yang paling menegangkan tentunya ketika lintasan di hadapan kami sudah digenangi air dan kami harus bermanuver melintasi genangan air tersebut.

Disini, Mitsubishi mau pamer teknologi AYC tadi. Bisa dibayangkan bahayanya melindas permukaan air dalam kecepatan tinggi dan bermanuver? minimal aqua planing bisa kejadian.

Tapi ya sudah lah, karena lokasi test drive-nya kami anggap aman dan tertutup, langsung saja bejek gas melewati genangan air sambil melakukan manuver. 

Luar biasaaa!! Karena Mitsubishi Xpander Cross masih sanggup meladeni kondisi jalan yang tergolong ekstrem tersebut dengan cukup baik.

Kami tidak merasakan gejala body roll, apalagi sampe ngesot-ngesot liar karena permukaan jalan yang licin. Dan tikungan di genangan air tersebut bisa kami lewati dengan sempurna.

Redaman suspensi menghadapi permukaan jalan beton yang gak rata, kemudian polisi tidur buatan, tetap terasa nyaman. 

MItsubishi mengatakan, kalau mereka juga sudah melakukan penyempurnaan pada sektor kaki-kaki, dimana diamater suspensinya sudah dibuat lebih besar, mengadopsi kepunyaan Pajero Sport.

Kesimpulannya, kami cukup puas. Dengan performa dan handling seperti ini, jelas menjadi nilai tersendiri ketika kita ingin mengajak keluarga ke berbagai lintasan dan jkondisi jalan, namun tetap dengan kenyamanan dan keamanan yang terjaga.

VIDEO Apa Aja yang Baru di Mitsubishi Xpander Cross?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini