icon-category Auto

Mengenal Fitur Baru AYC di Mitsubishi Xpander Cross Facelift

  • 15 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Mitsubishi baru saja mengenalkan Xpander Cross terbaru di GIIAS 2022. Gak hanya tampang yang berubah, Mitsubishi juga menyematkan fitur baru, salah satunya adalah AYC.

    Apa itu AYC? Ini merupakan singkatan dari Active Yaw Control. Fitur ini diklaim dapat meningkatkan keselamatan berkendara karena memungkinkan mobil menikung dengan stabil.

    AYC meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin. 

    Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. 

    Baca juga: Spesifikasi Subaru BRZ, Harga Lebih Murah dari Toyota GR86

    Bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

    Fitur AYC sendiri di adopsi dari Mitsubishi Lancer EVo namun dikembangkan ke mobil lain. 

    “Keamanan adalah poin yang diharapkan oleh fitur ini. Sebenarnya, keamanan buat setiap kondisi. Tidak bisa dimatikan secara manual,” ujar Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division.

    Dijelaskan lebih lanjut oleh Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi, AYC merupakan sistem keamanan berjenjang.

    Baca juga: GIIAS 2022: Jajaran 5 Mobil GR Sport Baru Toyota

    “Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, nomor dua TC atau ASC, setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem AYC ini yang kita punya di mobil Mitsubisshi,” tambahnya.

    AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihaatan agak slip, putaran mesin dikurangi tapi ketika mobil sudah dijalurnya, barulah disempurnakan oleh AYC untuk memastikan keamanannya.

    “AYC bekerja melalui empat wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin dan rem. Ini advanced sekali, AYC akan menjaga momentum kecepatan dalam setiap kondisi," tutup Rifat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini