home ×
Telco

Jajal Meeting Online Pakai Telkomsel CoudX, Jangan Coba Sendirian!

23 April 2020 By
Jajal Meeting Online Pakai Telkomsel CoudX, Jangan Coba Sendirian!
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Telkomsel CloudX telah digadang pemerintah sebagai aplikasi live conference atau meeting online yang aman ketimbang Zoom. Uzone mendapat kesempatan untuk menjajal aplikasi tersebut, namun pas dicoba, ada dua hal mengapa aplikasi ini tak boleh digunakan sendirian.

Pertama, aplikasi ini memang khusus untuk meeting atau video conference, makanya sudah pasti harus ada lawan bicara. Entah dua orang maupun sampai ratusan. Saat kami menjajal konferensi dengan CloudX, ada lebih dari 100 orang yang bergabung. Dan Koneksi masih stabil, lancar jaya menggunakan jaringan Telkomsel.

RAFI 2020_1

Kedua, aplikasi ini masih digunakan untuk korporasi atau perusahaan sehingga tidak bisa sembarangan menggunakannya. Untuk bisa menggunakannya atau menjadi host, kita harus terdaftar lebih dahulu sebagai pelanggan korporat Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel CloudX, Platform Lokal Andalan Pemerintah Gantikan Zoom

Untuk menjadi pelanggan korporat Telkomsel, kamu harus menghubungi pihak Telkomsel atau bagian account manager CloudX. Sedangkan jika ingin menjajal sebagai pelanggan reguler, kamu harus mengisi form khusus, untuk kemudian akan dihubungi oleh account manager Telkomsel.

Sebagai pelanggan reguler, kita bisa akses layanan CloudX sebagai peserta meeting dan tak harus login ke aplikasi. Unduh dulu aplikasi CloudX dan klik tautan meeting virtual yang dikirim dari host.

Kebetulan, Uzone berperan sebagai peserta saat Telkomsel mengadakan live conference media update tentang kesiapan jaringan Ramadan dan Lebaran 2020. Url yang diberikan oleh host mengarah ke Acessionmeeting.com.

RAFI 2020_7

Usai mengklik url tersebut, sebuah layar popup muncul mempersilakan kita untuk mendownload aplikasi bernama seperti url tersebut. Kebetulan, proses download cukup mudah.

Baca juga: Mudik Dilarang, Telkomsel Prediksi Kenaikan Trafik 20 Persen di Residensial

Lalu sebelum masuk ke meeting, kita akan disuruh menunggu. Proses ini disebutnya sebagai 'waiting room'. Di sini, host akan mendapatkan notifikasi bahwa kita telah datang dan siap mengikuti meeting. Oleh karena itu, sangat penting untuk menuliskan identitas kita yang jelas. Pasalnya, jika identitas tidak dikenali maka host berhak untuk menolak kehadiran kita.

Akses terbatas (untuk pelanggan korporasi) dan sistem kendali hosting inilah yang dipercaya membuat CloudX cukup aman. Apalagi tampilannya cukup familiar sehingga tidak susah untuk beradaptasi. Host juga bisa mengatur siapa yang bisa melakukan share screen (memperlihatkan presentasi di layar), membisukan suara peserta sehingga yang terdengar hanya pembicara, menentukan orang lain sebagai host tambahan, dan juga menonaktifkan fitur chat sehingga yang bertanya bisa melakukan tunjuk tangan virtual dengan ikon raise hand.

Pihak Telkomsel mengatakan jika jumlah peserta untuk aplikasi CloudX ini bisa sampai 1000 orang.

Yang menarik, untuk mendukung sistem kerja remote maupun work from home (WFH), pelanggan korporat yang menjadi host meeting bisa menikmati bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB, sementara semua pelanggan yang menjadi peserta meeting bisa memperoleh kuota 30GB untuk akses ke meeting hanya dengan Rp10.

Jadi ada 2 promo di sini, yakni gratis 60GB untuk host meeting dan 30GB seharga Rp10 untuk peserta meeting. Dan perlu digarisbawahi, kuota yang diberikan adalah khusus, bukan kuota reguler seperti halnya akses internet biasa.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

6 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
yoga setiawan 02 May 2020 | 01:04:34

sangat bermanfaat dan memotivasi

Muh Ridzal Ardiansyah 29 April 2020 | 17:15:00

Telkomsel saat ini bagus sekali

tauhid achmad 28 April 2020 | 00:32:44

aplikasi yang sangat bermanfaat untuk saat ini

D.G.W 24 April 2020 | 21:36:14

aplikasi ini sangat bermanfaat ditengah wabah covid-19

Beben Rudyana 23 April 2020 | 16:13:49

mantul bnyk aplikasi datang yg baru baru

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article