icon-category Gadget

Jajal Ponsel Lipat Termurah di Indonesia, Tecno Phantom V Flip

Uzone.id - Smartphone lipat clamshell biasanya dibanderol dengan harga belasan juta Rupiah, contoh saja Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip5. Tapi beda dengan ponsel lipat Tecno satu ini, Phantom V Flip yang dijual dengan harga Rp7.999.000. 

Tecno Phantom V Flip jadi smartphone lipat termurah yang dijual resmi di Indonesia. Perbandingan harganya, dua Tecno Phantom V Flip sama dengan satu unit Samsung Galaxy Z Flip5 atau Oppo Find N3 Flip yang harganya Rp15.999.000 di Indonesia.

Harga Rp7.999.000 sendiri merupakan promo early bird price yang diberikan Tecno untuk konsumen Indonesia. Sementara harga normalnya, Rp8.999.000 yang masih terlampau murah buat sebuah ponsel layar lipat.

Tentu dengan harga yang lebih murah, ada beberapa hal yang harus dikorbankan untuk menekan harga. Well, tim Uzone.id berkesempatan buat jajal langsung Tecno Phantom V Flip, dan begini impresi lengkap kami.

Bodi belakang bertekstur ‘kulit leci’

alt-img

Tecno Phantom V Flip tampil beda dengan dua ponsel lipat lainnya. Smartphone ini mengusung bodi berlapis kulit vegan dengan dua pilihan warna, Mystic Dawn dan Iconic Black. 

Mystic Dawn memiliki kelir ungu, sementara Iconic Black menunjukkan warna hitam pekat yang kelihatan elegan. Adapun untuk tekstur kulit vegan dari Tecno Phantom V Flip terbilang halus dengan pola bak kulit leci, dimana pola ini memang sering diadopsi oleh ponsel kelas atas.

alt-img

Masih soal bagian belakang, ada area berbentuk lingkaran dengan ukuran layar yang lebih kecil dari dua kompetitornya. Area ini disebut sebagai ‘Planet Cover’, mencakup layar OLED seluas 1,32 inci, LED flash, dan sepasang kamera belakang yang diletakkan di sekitarnya.

Engselnya kok goyang?

alt-img

Secara keseluruhan, sasis Tecno Phantom V Flip terbuat dari aluminium dengan engsel yang dirancang menggunakan bahan baja yang dikembangkan sendiri. Namun rasanya, engsel ini punya build quality yang lebih ringkih dari Samsung Galaxy Z Flip5 atau Oppo Find N3 Flip yang sebelumnya sudah kami coba.

Kekurangan ini kami temukan ketika melipat ponsel, dan menggerakkan kedua bagiannya secara terpisah. Kami merasakan engsel tersebut agak goyang, dimana dua bagian ponsel ini jadi gak rata atau sesuai satu sama lain ketika dilipat.

Tecno sendiri mengklaim kalau engsel Phantom V Flip bisa bertahan lebih dari 200 ribu siklus buka-tutup. Engsel ini juga berkonsep gapless, alias tak ada celah di antara layar utama ketika ponsel dilipat sepenuhnya.

alt-img

Bukan itu saja ‘keanehan’ dari ponsel lipat ini. Saat Tecno Phantom V Flip terbuka, layarnya tidak datar sepenuhnya. Jadi kalau dilihat dari samping, ponsel ini terlihat sedikit melengkung.

Dua kekurangan tersebut merupakan sesuatu yang belum pernah kami rasakan pada Samsung Galaxy Z Flip5 atau Oppo Find N3 Flip.

Layar

alt-img

Tecno Phantom V Flip punya layar LTPO OLED yang fleksibel seluas 6,9 inci dengan resolusi Full HD+ dan sudah mendukung refresh rate yang adaptif dari 10Hz sampai 120Hz. Intensitas cahayanya mencapai 1.000 nits, semestinya bakal aman-aman saja pakai ponsel ini di luar ruangan dengan kondisi matahari yang terik.

Satu lagi kekurangan yang kami rasakan saat mencobanya langsung. Lipatan pada layar bagian dalam ini masih terlihat cukup jelas, mirip-mirip lah dengan Samsung Galaxy Z Flip5. Ketika mengoperasikannya, lekukan di tengah layar juga terasa cukup melengkung.

alt-img

Di luar, ada layar AMOLED berukuran 1,32 inci dengan resolusi 466p. Layar ini punya refresh rate 60Hz, touch samping rate 120Hz, dan intensitas cahaya mencapai 800 nits.

Gak seperti pesaingnya, layar ini gak bisa menampilkan aplikasi sama sekali. Layar Planet Cover ini cuma bisa menampilkan notifikasi, beberapa widget, animasi dan berguna sebagai viewfinder saat selfie menggunakan kamera belakang.

Ditenagai chip kelas menengah

alt-img

Tecno Phantom V Flip ditenagai prosesor kelas menengah, MediaTek Dimensity 8050 yang setara dengan Infinix GT 10 Pro, ponsel yang dibanderol Rp3 jutaan. Mengenal sedikit, system on chip (SoC) ini punya spek yang identik dengan Dimensity 1300 yang rilis pertengahan tahun lalu.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 8 GB yang bisa ditambah secara virtual sampai 8 GB, serta ruang penyimpanan seluas 256 GB.

Untuk menopang dayanya, digunakan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang didukung fast charging 45W, lebih oke lah dari Samsung Galaxy Z Flip5. Berkat teknologi ini, ngecas sampai 50 persen saja cuma butuh waktu 15 menit.

Adapun untuk sistem operasinya, Tecno Phantom V Flip sudah berjalan di HiOS 13.5 berbasis Android 13.

Usung tiga kamera

alt-img

Ada dua kamera di belakang dan satu kamera di depan yang diusung oleh Tecno Phantom V Flip. Di belakang, terdapat kamera 64 MP dengan kamera ultrawide 13 MP. 

Kamera utamanya minim fitur, optical image stabilization pun tak dihadirkan. Namun kamera ini sudah mendukung phase detection autofocus alias PDAF yang mampu menangkap objek yang bergerak dengan cepat.

Demikian juga dengan kamera ultrawide yang mempunyai fitur autofocus. Sementara di depan, disematkan kamera selfie 32 MP, yang surprisingly sudah mendukung fitur autofocus juga. 

alt-img

Kalau kalian motret pakai kamera belakang, tapi viewfinder-nya menggunakan Planet Cover, ada beberapa fungsi utama yang dapat kalian manfaatkan, seperti mengambil foto, merekam video, hingga Portrait Mode. Namun, semua pengambilan gambar ini hanya menggunakan kamera utama saja.

Harga dan ketersediaan

alt-img

Banderol harga Tecno Phantom V Flip hanya Rp7.999.000, harga yang dua kali lipat lebih murah dibanding Samsung Galaxy Z Flip5 atau Oppo Find N3 Flip yang dijual Rp15.999.000.

Harga tersebut merupakan promo early bird yang berlangsung sampai 31 Desember 2023. Sedangkan untuk harga normalnya Rp8.999.000, yang masih lebih murah dari dua smartphone lipat clamshell lainnya.

Ponsel ini bisa dibeli pada 28 November 2023 mendatang secara offline maupun online. Tecno Phantom V Flip bisa didapatkan di Erafone, Eraspace.com, Lazada, Shopee, Tokopedia, Akulaku, dan Blibli.

Tecno memberikan garansi panjang untuk ponsel lipatnya. Brand yang masih saudara Infinix dan Itel tersebut menyediakan garansi 14 hari gratis penggantian unit, 1 tahun gratis penggantian layar baru, serta 13 bulan garansi teknis untuk dukungan software dan hardware yang bisa diklaim di seluruh cabang Carlcare Service.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini