icon-category Gadget

Jajal Vivo V29 5G: Banyak Upgrade, Harganya Masih Sama

Uzone.id - Vivo V29 5G jadi jagoan baru Vivo untuk bersaing di segmen smartphone mid-end Indonesia. Vivo V29 5G memiliki sejumlah kelebihan, meskipun banderol harga yang ditawarkan masih sama dengan versi sebelumnya.

Di Indonesia, Vivo V29 5G dihargai Rp5.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB. Dan untuk kali pertama, ada model dengan RAM 12 GB serta penyimpanan internal 512 GB yang dipasarkan di harga Rp6.999.000.

Vivo V29 5G tersedia dalam tiga pilihan warna, Peak Blue, Noble Black, dan Velvet Red. Dari seluruh warna yang bisa dipilih konsumen, Velvet Red bagi kami menjadi varian warna yang paling menarik perhatian.

Saking menariknya, bahkan acara peluncuran Vivo V29 5G di Indonesia pun didominasi warna ini, baik dari panggung sampai dress code dari pembicara yang melakukan presentasi di atas panggung.

alt-img

Warna ini terlihat mempesona. Vivo menyebut, Velvet Red terinspirasi dari budaya, semangat, serta kecintaan masyarakat Indonesia terhadap warna merah. Tekstur warnanya dibikin matte, tapi tetap mengusung teknologi Color Changing khas Vivo.

Kalau terkena pantulan cahaya dari sudut-sudut tertentu, warnanya akan berubah-ubah. Membuatnya lebih enak dipandang, dan terlihat lebih elegan dibanding ponsel lain di kelasnya.

Bukan soal warna saja, Vivo pun merancang V29 5G agar lebih ringkas dan makin nyaman digenggam oleh satu tangan. Bodinya hanya setebal 7,46 mm dengan bobot 186 gram, bakal terasa pas di tangan dan lebih nyaman saat dikantongi di saku celana.

alt-img

Cuma satu kurangnya. Kalau versi global, Vivo V29 5G sudah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu, tapi di Indonesia ponsel ini hanya memiliki rating IP54 tahan percikan air dan debu.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Fendy Tanjaya, Product Manager Vivo Indonesia, saat ditanya tim Uzone.id usai peluncuran Vivo V29 5G pada Kamis (7/9) beberapa waktu lalu.

Layar makin vivid, resolusinya lebih tinggi

alt-img

Layar umumnya jadi bagian yang jarang di-upgrade oleh vendor-vendor smartphone ketika merilis model smartphone terbaru. Kebanyakan ya jenis prosesor dan konfigurasi kamera.

Makanya, perubahan pada layar Vivo V29 5G agak tak terduga buat kami. Diagonal layarnya masih sama seperti Vivo V27 5G, begitu juga dengan desainnya yang dibikin melengkung di tepian kiri dan kanannya.

alt-img

Ukurannya sendiri seluas 6,78 inci, tapi resolusinya bukan lagi Full HD+. Resolusi layar Vivo V29 5G mencapai 1.260 x 2.800 piksel dengan kerapatan piksel 453 ppi yang membuatnya lebih tajam dengan detail lebih baik.

Refresh rate layarnya sudah 120Hz dan sudah mengantongi sertifikat HDR10+ dan Widevine L1 DRM juga. Dengan demikian, pengguna bisa nonton YouTube di resolusi tertinggi dengan mode HDR yang aktif, atau nonton film dan series di Netflix pada resolusi yang memuaskan mata.

Snapdragon 778G yang ‘agak tua’

alt-img

Di samping desainnya yang baru dan layarnya yang berkualitas tinggi, kami cukup heran dengan penggunaan Snapdragon 778G pada smartphone ini. Padahal, ada banyak varian Snapdragon 7 Series keluaran Qualcomm yang terbaru sekarang, salah satunya Snapdragon 7+ Gen 2.

Mengenal sedikit Snapdragon 778G, system on chip (SoC) ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2021 lalu, atau sudah lebih dari dua tahun usianya. Chipset ini masuk ke kelas menengah, dan mengusung tiga kluster CPU.

Terdiri dari 1-core Cortex A78 dengan kecepatan 2,4 GHz, 3-core Cortex A78 pada kecepatan 2,2 GHz, dan 4-core Cortex A55 dengan clock-speed 1,9 GHz. Apakah ini upgrade dari Vivo V27 5G yang menggunakan Dimensity 7200 keluaran MediaTek?

Bisa ya, bisa juga tidak. Kalau soal kekinian prosesor, jelas Dimensity 7200 lebih baru. Prosesor ini juga punya performance core yang lebih bertenaga (2,8 GHz). Tapi, Snapdragon 778G sebenarnya memiliki lebih banyak core yang lebih cepat, meski clock-speed sedikit lebih rendah.

alt-img

Kami belum melakukan pengujian detail dengan aplikasi benchmark. Tapi, dari klaim Vivo Indonesia, Vivo V29 5G mencatatkan skor AnTuTu Benchmark 643.652 poin, sedikit lebih baik dari Vivo V27 5G.

Adapun untuk baterai, Vivo V29 5G ditopang baterai dengan kapasitas 4.600 mAh yang didukung fast charging 80W. Masih dari klaim Vivo Indonesia, baterai tersebut mampu bertahan sampai 20 jam, berdasarkan pengujian internal yang dilakukan perusahaan.

Sementara untuk pengecasan, fast charging 80W memungkinkan baterai dapat terisi 50 persen dalam waktu 18 menit saja. Teknologi ini juga 13 persen lebih cepat dari Vivo V27 5G yang masih mengusung fast charging 66W.

Kamera dengan sensor Samsung ISOCELL GN5

alt-img

Vivo menanggalkan sensor 50 MP Sony IMX766, dan menggantikannya dengan Samsung ISOCELL GN5 pada Vivo V29 5G. Kamera ini tetap mengusung proses pencitraan quad-bayer, memungkinkan 4 piksel yang dimampatkan menjadi 1 piksel agar kualitasnya makin bagus lagi.

Masih sama, kamera utama sudah didukung optical image stabilization (OIS), memberikan stabilisasi yang lebih baik saat pemotretan malam maupun saat merekam video. 

Dan bicara soal perekaman video, Vivo V29 5G membuat penggunanya dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30 FPS atau 1080p di 60 FPS. 

Peningkatan dari sebelumnya, kini ada dua lampu pada bingkai kamera belakang Vivo V29 5G. Satu adalah LED flash, dan lainnya merupakan Aura Light yang dapat dengan pintar menyesuaikan suhu cahaya untuk menciptakan foto portrait yang ciamik.

Aura Light sebesar ini sebesar 15,6 mm, diletakkan pada bagian terbawah di bingkai kamera. Aura Light punya bentuk mirip ring light aksesoris yang umum digunakan para kreator konten video vertikal, seperti TikTok maupun Instagram Reels.

alt-img

Lampu ini dirancang untuk menambahkan efek pencahayaan yang lebih merata dan lembut, terutama saat pengambilan foto di mode Portrait. Pengguna bisa menyesuaikan suhu warna secara manual, atau menyerahkannya pada sistem otomatis yang dapat mendeteksi ambience cahaya lingkungan sekitar saat pengambilan gambar.

Aura Light bisa memancarkan warna biru sampai oranye. Dan, paparan atau area pencahayaannya 9 kali lebih baik dan 36 persen lebih terang dari sebelumnya.

Kamera lainnya, ada kamera ultrawide 8 MP dan kamera 2 MP dengan lensa depth. Sementara di depan, ada kamera 50 MP yang sudah mendukung phase detection autofocus (PDAF) dan didukung juga dengan sepasang LED flash. 

Fitur lain dari smartphone ini antara lain, NFC, dual-SIM, sudah mendukung jaringan 5G, NFC, sampai speaker stereo. Untuk ketersediaan, smartphone ini sudah bisa dipesan secara pre-order sampai 14 September mendatang di Tokopedia dan Vivo.com.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini