icon-category Gadget

Jajaran Produk Lenovo di CES 2024: PC, Laptop hingga Asisten AI

  • 14 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Pameran teknologi internasional Consumer Electronics Show atau CES 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat menampilkan ratusan inovasi teknologi dari berbagai brand teknologi dunia, salah satunya adalah Lenovo.

Lenovo ikut memamerkan beragam perangkat yang ditenagai oleh AI, termasuk perangkat PC dari berbagai lini seperti Lenovo Yoga™, ThinkBook™, ThinkPad™, ThinkCentre™, dan Legion™ serta tablet, aplikasi software, aksesori, fitur Motorola AI dan masih banyak lagi.

Dukungan AI untuk Produktivitas dan Kreativitas

Lenovo memperkenalkan rangkaian perangkat untuk menunjang kreativitas pengguna mulai dari laptop Yoga AI, Lenovo IdeaPad, dan jajaran laptop Microsoft Windows 11 Lenovo Yoga terbaru yang telah didukung oleh perangkat lunak khusus kreator bernama  Lenovo Yoga Creator Zone.

Software ini dihadirkan secara eksklusif bagi para pekerja seni dengan memanfaatkan AI generatif dengan cara yang sederhana dan privat. Lewat software ini, pengguna bisa membuat gambar dengan deskripsi berbasis teks tanpa petunjuk, kode, atau pengaturan yang rumit.

Ada juga dukungan Lenovo AI Core Chip dan Prosesor Intel Core Ultra terbaru pada Lenovo Yoga Pro 9i (16”, 9) dan Lenovo Yoga 9i 2-in-1 (14”, 9). Komponen canggih ini dimaksimalkan menggunakan Lenovo X Power.

Fitur Lenovo X Power ini didukung oleh machine learning yang meningkatkan tugas kreatif seperti rendering 3D dan koreksi warna film dengan mengalokasikan daya pemrosesan untuk mengoptimalkan kinerja, masa pakai baterai, dan efisiensi pendinginan.

Tak hanya itu saja, dua perangkat ini juga menyediakan tombol Copilot untuk akses lebih cepat ke pendamping AI sehari-hari.

4  laptop baru di jajaran Lenovo Yoga

Selanjutnya, ada empat laptop baru di keluarga Lenovo Yoga, yaitu Lenovo Yoga Slim 7i (14", 9) yang merupakan laptop premium edisi Intel Evo™ yang tipis dan ringan yang ditenagai oleh Prosesor Intel Core Ultra dan layar OLED WUXGA. 

Kemudian untuk kreasi konten, ada Lenovo Yoga Pro 7i (14", 9) dan Lenovo Yoga Pro 7 (14", 9) yang dilengkapi dengan pilihan Prosesor Intel Core Ultra atau hingga prosesor AMD Ryzen™ 7 8845HS, hingga GPU Laptop NVIDIA® GeForce® RTX™ 4050 dengan validasi NVIDIA Studio, serta layar PureSight Pro LCD atau OLED 3K. 

Ada juga laptop Lenovo Yoga Book 9i (13", 9) yang ditenagai oleh Procesor r Intel Core Ultra terbaru, layar PureSight OLED 2.8K, dan soundbar Bowers & Wilkins® yang dapat diputar. 

Terakhir ada laptop konvertibel Lenovo Yoga 7i 2-in-1 (16", 9) dan Lenovo Yoga 7i 2-in-1 (14", 9) yang memberikan para kreator akses alat pelengkap kreativitas di mana saja dengan cepat. 

Selain itu, Lenovo juga memperkenalkan  tablet Lenovo Tab M11 bagi pelajar, penikmat film, kreator pemula yang telah dilengkapi dengan Lenovo Tab Pen untuk menulis dan menggambar serta software Nebo® untuk mengubah tulisan tangan menjadi teks, MyScript® Calculator 2 untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi secara real-time, dan WPS Office untuk melihat dan mengedit dokumen dengan mudah.

5 laptop Lenovo ThinkBook dan Desktop ThinkCentre neo PC AI

Lenovo juga memperkenalkan produk ThinkBook baru dan desktop ThinkCentre dengan fitur-fitur, desain dan AI PC yang lebih ditingkatkan.

Pertama, ada ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid yang memberikan pengalaman Hybrid antara sistem Windows dan Android, lalu ada ThinkBook 13x Gen 4 yang berdaya tahan baterai lama, memiliki tombol Copilot built-in, dan merupakan laptop netral karbon pertama dari Lenovo untuk UKM.

Laptop selanjutnya adalah ThinkBook 14 i Gen 6+5 berlayar 3K 14,5 inci yang dilengkapi dengan port Graphics Extension (TGX), port ini mendukung ThinkBook Graphics Extension (TGX) yang meningkatkan daya komputasi AI. 

Lenovo juga memperkenalkan ThinkBook 16p Gen 5 yang mendapat dukungan Magic Bay Studio baru yang menggabungkan kamera 4K6 dan speaker terintegrasi.

PC terbaru Lenovo ThinkCentre neo Ultra juga diperkenalkan dalam CES 2024 dengan form factor ultra kecil, dan desktop all-in-one, ThinkCentre neo 50a Gen 5 akan tersedia dalam form factor 24 dan 27 inci. 

Perkenalkan personal assistant AI

Lenovo juga memperkenalkan kembali Lenovo AI Now Personal Assistant, sebagai AI yang dipersonalisasi yang dirancang untuk memungkinkan interaksi pengguna akhir pada keyboard dan melalui bahasa alami. 

Asisten AI ini diklaim memberikan pengalaman interaktif yang dipersonalisasi berdasarkan basis pengetahuan di perangkat milik pengguna. Lenovo AI Now Personal Assistant akan mulai diluncurkan pada paruh pertama tahun 2024 di China.

Teknologi Mechanical Energy Harvesting Combo

Lenovo juga memamerkan konsep unik di CES yaitu Mechanical Energy Harvesting Combo, produk ini menggunakan gerakan mekanis dan penyinaran matahari untuk menyalakan mouse dan keyboard, sehingga tidak memerlukan pengisian daya eksternal. 

Produk ini juga mendukung mode koneksi nirkabel Bluetooth® dan 2.4G, memastikan konektivitas yang mudah dengan beberapa perangkat.

Pamerkan PC dan Laptop bertenaga Prosesor Intel Core Ultra

Selain mendukung kreativitas, Lenovo juga menghadirkan laptop untuk menunjang produktivitas pengguna. Ada 3 produk yang dikenalkan Lenovo untuk para pengguna yang produktif, yaitu Lenovo ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad X1 2-in-1, dan IdeaPad Pro 5i.

Ketiga perangkat ini didukung dengan prosesor Intel Core Ultra terbaru dan Windows 11 yang memberikan efisiensi daya, kinerja, dan pengalaman imersif yang optimal serta dukungan akselerasi AI khusus yang bisa diaktifkan di Copilot Windows.

Monitor 3D Lenovo ThinkVision 27 juga dihadirkan untuk produktivitas dan efisiensi pengguna, termasuk untuk kreator dunia 3D dan 2D. Ada beberapa software yang tersedia dalam monitor ini, antara lain 3D Explorer dan Konverter 2D ke 3D.

Debut laptop dan monitor gaming Lenovo

CES 2024 menjadi ajang debut laptop gaming dengan perangkat lunak dan layanan berbasis Microsoft Windows 11 dengan daya, termal, grafis, keunggulan bertenaga AI, serta sistem terbaik untuk game.

Laptop gaming Lenovo ini didukung oleh chip LA AI yang memiliki keunggulan saat bermain game dimana pengguna bisa mencapai FPS yang lebih tinggi serta peningkatan efisiensi daya.

Laptop gaming yang dikenalkan Lenovo dalam CES 2024 ini antara lain Lenovo Legion 7i (16", 9), Lenovo Legion 5i (16", 9), Lenovo Legion 9i (16", 9), Lenovo Legion Pro 7i (16", 9), Lenovo Legion Pro 5i (16", 9), dan Lenovo Legion Tower 7i serta Legion Tower 5i.

Lenovo juga akan memperkenalkan  Lenovo LOQ™ 15IRX9, Lenovo LOQ 15IAX9I, Lenovo LOQ 15IAX9, Lenovo LOQ 15AHP9 serta Lenovo LOQ Tower 17IRR9 untuk para gamer di tahun ini.

Lenovo juga memperkenalkan fitur-fitur AI baru yang tersedia di MotoTalk dimana pengguna bisa menggunakan fitur Image Recognition atau Route Planning untuk mengoptimalkan aktivitas harian. Ada juga fitur teknologi bantuan AI yaitu avatar AI dengan dukungan DeepBrain AI, model bahasa besar pribadi (LLM) untuk teks prediktif yang dibuat oleh Pusat Inovasi AI Lenovo dan masih banyak lagi.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini