icon-category Auto

Jalan Raya di Indonesia Bakal Bisa Ngecas Mobil Listrik

  • 12 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kendaraan berbasis elektrifikasi sedang di gembar-gemborkan di Indonesia. Salah satu faktor pentingnya, yakni infrastruktur pun gak dilupakan begitu aja.

    Salah satu rencananya, selain terus memperbanyak stasiun pengecasan, pemerintah juga bahkan berencana membangun jalan raya yang bisa ngecas mobil listrik saat melintasinya!

    Untuk perdana, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur nantinya bakal mengusung konsep cerdas dan berkelanjutan dengan membangun sistem charging lane.

    Interior: Jembatan 120 Km di Sumatera Bakal Sambungkan Indonesia-Malaysia

    Hal itu disampaikan oleh Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H. Sumandilaga.

    "Kemungkinan bahwa jalan-jalan kita nanti menjadi electric charging lane. Ini udah berjalan sekarang konsep ini di beberapa (negara) di dunia, sudah banyak yang melakukan uji coba," kata Danis dikutip Uzone.id dari Antara.

    Elecrtic charging lane merupakan infrastruktur jalan yang memungkinkan proses pengecasan sambil kendaraan melintas di permukaannya.

    Nantinya mobil-mobil yang akan melintas di permukaan jalan tersebut akan dibekali sistem dynamic charging, sehingga bisa ngecas sambil berjalan secara wireless.

    Sistem ini bekerja melalui bantalan bawah jalan yang mentransmisikan listrik secara wireless ke receiver atau penerima yang dipasang di bawah kendaraan. 

    Teknologi ini cocok digunakan di IKN Nusantara karena jalan-jalan rayanya hanya akan dilintasi oleh kendaraan ramah lingkungan, seperti himbauan Presiden Jokowi.

    "Karena di sana nanti kita berbicara (kendaraan) listrik, tidak bicara fuel yang dari fosil lagi," tutup Danis.

    VIDEO Test Drive Hyundai Stargazer

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini