icon-category Auto

Jembatan 120 Km di Sumatera Bakal Sambungkan Indonesia-Malaysia

  • 09 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Google Maps)

    Uzone.id - Di masa depan, atau tepatnya 20 tahun dari sekarang, Indonesia akan terhubung langsung dengan Malaysia melalui jalur darat sepanjang lebih dari 120 km. 

    Rencana ini diusulkan oleh negara bagian Melaka di Malaysia. Nantinya, jembatan tersebut menghubungkan Telok Gong di Masjid Tanah, Malaysia dengan Dumai di Sumatera. 

    Pembangunan ini akan memakan waktu 20 tahun dan akan dikembangkan dengan kerja sama sektor swasta. 

    Ketua komite investasi, industri, pengembangan wirausaha dan koperasi Melaka, Datuk Seri Ab Rauf Yusoh mengatakan, proyek jangka panjang ini akan berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan Malaysia.

    BACA JUGA: Mau Jadi Juragan Minyak Shell? Cukup Sediakan Rp500 Juta

    Usulan proyek telah diajukan oleh sektor swasta dan kedua negara pada prinsipnya telah menyetujui secara rinci tentang masalah tersebut.

    "Dari pihak pemerintah negara bagian, kami telah membawa semua instansi pemerintah untuk mengunjungi daerah di mana rute baru yang diusulkan akan dibangun," kata Ab Rauf, seperti dilansir Bernama.

    Dia juga mengatakan bahwa proyek tersebut akan dibangun dengan konsep One Belt One Road dan akan jadi ikon baru bagi Malaysia dan Indonesia.

    BACA JUGA: Honda Pamerkan Kei car N-BOX di Senayan

    Selain jalan penghubung, pembangunan berbagai infrastruktur termasuk kawasan persebaran lalu lintas dan kompleks imigrasi juga menjadi bagian dari rencana itu.

    Ab Raub mengatakan jika kawasan industri baru akan dikembangkan secara bertahap di Masjid Tanah di atas lahan seluas sekitar 2.023 hektar.

    Proyek itu akan dilakukan Perusahaan Melaka dan diharapkan bisa memberi kontribusi pada pembukaan lahan baru di kabupaten tersebut.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini